Mengenal Jenis Surat: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mudah Pengelolaannya

2024-01-03T08:43:22+07:00 August 23rd, 2022|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Berbicara soal hubungan sosial dalam masyarakat, kita tak bisa lepas dari aktivitas komunikasi. Salah satu cara berkomunikasi bisa dilakukan lewat surat. Secara umum, komunikasi dengan media ini termasuk jenis komunikasi tidak langsung.

Pengertian Surat

Kita pasti sudah cukup familiar dengan istilah surat. Ya, secara umum surat adalah pesan yang disampaikan secara tertulis, dari satu pihak kepada pihak lain. Penjelasan ini telah sesuai dengan definisi surat sebagaimana yang disampaikan oleh banyak ahli.

Jika melihat sejarah, cara berkomunikasi dengan surat sudah dilakukan sejak pertama kali ditemukan simbol dan tulisan oleh manusia. Kala itu, bentuk komunikasi yang dilakukan tentunya masih sangat sederhana.

Seiring berjalannya waktu, keberadaan surat semakin berkembang. Kini, terdapat berbagai macam surat dengan fungsinya masing-masing.

Baca juga:  Apa Hubungan Surat dan Kearsipan?

Jenis-Jenis Surat

Jenis surat bisa diuraikan ke dalam berbagai kategori. Pertama, berdasarkan isinya. Jenis surat ini terdiri atas surat pribadi, dinas/resmi, serta dagang/niaga, dan sebagainya.

Kedua, berdasar keamanan isinya. Contohnya adalah surat sangat rahasia, rahasia, terbatas, hingga surat biasa. Ketiga, berdasar derajat penyelesaian, meliputi surat kilat, segera, dan biasa.

Keempat, berdasar jangkauan penggunaannya, seperti surat internal dan eksternal. Kelima, berdasar jumlah penerima, yaitu surat edaran, pengumuman, juga surat biasa.

Fungsi Surat

Macam-macam surat yang disebutkan di atas memiliki fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lain. Namun secara umum, fungsi surat dapat disederhanakan menjadi beberapa poin. Mulai untuk sarana komunikasi, media penyimpanan, alat bukti tertulis, bentuk kerja sama, hingga pedoman kerja.

Di perusahaan atau lembaga lain sejenisnya, keberadaan surat konvensional masih sangat marak digunakan. Padahal, hal ini cukup menguras waktu dan tenaga dalam proses penyusunan dan pengelolaannya.

Baca juga:  Solusi Aplikasi Surat Digital untuk Kemudahan Administrasi Kantor

Surat Digital

Nah, untuk lebih memudahkan kegiatan administratif pengelolaan surat di kantor, Anda bisa menggunakan aplikasi inOffice Persuratan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas surat menyurat secara lebih efektif.

Dengan E-Office atau aplikasi IntegraOffice Persuratan online ini, Anda tidak perlu pusing memikirkan hal teknis dalam kegiatan surat menyurat. Misalnya, membuat penomoran, mencetak surat dan meminta disposisi, menyebarkan, mengarsip, dan lainnya.

Segala aktivitas tersebut dapat dilakukan secara digital dengan aplikasi IntegraOffice Persuratan. Jadi, selain lebih simpel dan mudah dilakukan, keberadaan aplikasi ini juga mendukung gerakan hemat kertas karena kini surat sudah tidak perlu dicetak lagi.