Pakai yang Tersertifikasi Agar Tanda Tangan Elektronik Anda Lebih Aman dan Pasti

2023-06-14T10:02:13+07:00 April 28th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: , , |

Kebutuhan masyarakat ke arah yang serba digital; menuntut segalanya berjalan serba cepat, praktis, dan efisien, membuat Tanda Tangan Digital menjadi semacam pembaruan yang diprediksi akan menggeser tanda tangan kursif atau basah.

integrasolusi.com – Apa yang terbesit di pikiranmu ketika mendengar istilah Tanda Tangan Elektronik untuk pertama kalinya? Apakah tanda tangan basah di atas kertas, yang lalu dipindai (scan) dalam format digital seperti .jpg atau .pdf? Jika benar demikian, ada baiknya kamu baca artikel ini sampai selesai biar lebih paham!

Tanda Tangan Elektronik, atau juga disebut dengan Tanda Tangan Digital menjadi marak diperbincangkan dan makin banyak diaplikasikan pada aktifitas surat-menyurat, transaksi elektronik, persetujuan kerjasama, dan segudang pekerjaan lainnya beberapa tahun belakangan. Kenapa bisa begitu? Kebutuhan masyarakat ke arah yang serba digital; menuntut segalanya berjalan serba cepat, praktis, dan efisien, membuat Tanda Tangan Digital menjadi semacam pembaruan yang diprediksi akan menggeser tanda tangan kursif atau basah.

Terdiri dari infromasi elektronik terenskrip, tanda tangan elektronik ini sendiri berfungsi sebagai alat verifikasi dan otentikasi yang sah. Memungkinkan seseorang atau entitas bisnis membuktikan identitas resminya dan memberi persetujuan terhadap suatu dokumen yang dipertukarkan secara online. 

Ada 2 jenis tanda tangan elektronik yang setidaknya perlu kamu tahu, yakni tanda tangan elektronik tersertifikasi dan tanda tangan elektronik tidak tersertifikasi. Meski sama-sama berbentuk digital, dua tanda tangan ini punya dasar hukum dan kekuatan yang berbeda, lho, dimana hanya Tanda Tangan Elektronik tersertifikasi yang diterbitkan oleh Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang punya kekuatan perjanjian, nilai dan akibat hukum yang sah menurut undang-undang.

Meski masih boleh digunakan dan terkesan legal, Tanda Tangan Elektronik tidak tersertifikasi ini tidak disarankan penggunaannya. Resikonya termasuk tinggi, apalagi jika diaplikasikan pada dokumen yang sifatnya rahasia, pun untuk surat elektronik yang berhubungan dengan instansi atau lembaga negara. Bukan cuma rawan perubahan dan pemalsuan isi dokumen, nama baik lembagamu juga bisa jadi taruhan karena kredibilitasnya akan dipertanyakan. Bagaimana orang bisa mempercayakan dokumen pentingnya, kalua kamu sendiri tidak pakai Tanda Tangan Elektonik yang tersertifikasi?

Baca juga:  Aplikasi Surat Serbaguna untuk Pembuatan Bermacam-Macam Dokumen Surat

Untuk mendapatkan Tanda Tangan Elektronik yang tersertifikasi, kamu hanya perlu mendaftarkan diri melalui satu dari 7 Penyelenggara Sertifikasi Elektronik Indonesia yang sudah diakui Komenkominfo untuk menerbitkan Sertifikat Elektronik. Dimana sertifikat berbentuk elektronik ini nantinya akan memuat tanda tangan elektronik, serta seluruh data identitas subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik. 

 

7 Penyelenggara Sertifikasi Elektronik, antara lain:

  • Privyid
  • iOTENTIK
  • Balai Sertifikasi Elektronik
  • VIDA
  • PERURI
  • Digisign
  • dan TekenAja!

 

Sertifikasi elektonik bisa dengan mudah kamu dapatkan setelah melalui tiga tahapan yang harus dilalui pemohon termasuk, tahap pengajuan, tahap verivikasi, dan tahap penerbitan. Pemohon yang sudah lolos tahap verifikasi akan disediakan account untuk mengelola layanan yang disediakan PSrE tersebut, meliputi, Tanda Tangan Elektronik tersertifikasi, Segel Elektronik tersertifikasi tersertifikasi yang dapat digunakan sebagai pengganti stempel perusahaan, dan layanan lainnya.

PT Integra Teknologi Solusi hadir untuk selalu membantu memberikan solusi yang inovatif dan terintegrasi supaya proses bisnismu tetap berjalan dengan aman dan efisien, tanpa mengorbankan waktu yang berharga. Menyediakan produk unggulan yang terdiri dari 6 kategori untuk menyesuaikan kebutuhanmu, seperti IntegraOffice Persuratan, salah satunya. Sebuah aplikasi surat elektronik yang terintegrasi dengan Tanda Tangan Elektronik.

 

Kami telah dipercaya dan terbukti dapat membantu proses persuratan di berbagai lembaga termasuk di pemerintahan, instansi pendidikan, dan banyak perusahaan pada umumnya. Jadi, apa lagi yang perlu kamu tunggu? Hubungi kami sekarang juga! Tim terbaik kami akan dengan senang hati memberi layanan support dan konsultasi!