Inilah Perbedaan Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi dan Non Sertifikasi

2024-01-03T08:44:44+07:00 March 31st, 2022|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Tanda tangan elektronik (TTE) sejatinya dibedakan menjadi dua jenis. Yang pertama tentu saja TTE tersertifikasi atau biasa disebut tanda tangan digital dan yang kedua adalah TTE non sertifikasi. Masyarakat awam sering dibuat bingung dengan perbedaan ini. Perbedaan dari keduanya tentu saja sangat signifikan.

Hal mendasar yang menjadi pembeda dari keduanya tentu saja soal kekuatan hukum. Pada TTE non sertifikasi tidak ada kekuatan hukum. Tanda tangan elektronik non sertifikasi biasanya menggunakan fitur tanda tangan digital pada aplikasi atau platform tertentu pada surat elektronik. Berikut adalah perbedaan dari keduanya.

Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi

TTE tersertifikasi atau tanda tangan digital adalah TTE yang dibuat oleh jasa penyelenggara sertifikasi elektronik. Di Indonesia penyedia jasa sertifikasi elektronik ada bermacam-macam, baik dari pemerintah maupun swasta. 

Dokumen yang ditempeli tanda tangan digital mempunyai kekuatan hukum dan integritas yang dapat dipertanggungjawabkan di mata hukum sebagai dokumen yang sah dan valid dari penandatangan dokumen.

Untuk mengetahui suatu surat digital terdapat tanda tangan digital dapat dilakukan dengan cara membuka surat digital tersebut pada aplikasi PDF kemudian akan terdapat informasi penandatangan dari surat digital tersebut.

Di Indonesia penyedia jasa TTE tersertifikasi ada bermacam-macam, baik dari lembaga pemerintah, BUMN, maupun swasta. Untuk yang dari pemerintah ada Badan Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sedangkan dari BUMN ada PERURI, untuk penyedia dari swata ada privy dll.

Tanda Tangan Elektronik Non Sertifikasi

Tanda tangan elektronik non sertifikasi adalah tanda tangan digital yang tidak menggunakan sertifikat dari pihak otoritas sertifikasi resmi. Tanda tangan elektronik ini berbeda dengan tanda tangan elektronik sertifikasi, di mana tanda tangan elektronik sertifikasi menggunakan sertifikat digital yang dikeluarkan oleh otoritas sertifikasi terpercaya untuk mengotentikasi dan mengesahkan identitas pemilik tanda tangan.

Baca juga:  Aplikasi e-Office Murah dari integraOffice Persuratan

Tanda tangan elektronik non sertifikasi biasanya digunakan dalam situasi yang lebih sederhana dan kurang formal, di mana tingkat keamanan yang tinggi tidak menjadi prioritas utama. Contohnya, ketika Anda menandatangani dokumen elektronik menggunakan fitur tanda tangan digital di aplikasi atau platform tertentu, tetapi tanda tangan tersebut tidak diotentikasi oleh otoritas sertifikasi yang diakui secara luas.

Meskipun tanda tangan elektronik non sertifikasi tidak memiliki tingkat keamanan yang sama seperti tanda tangan elektronik sertifikasi, dalam beberapa kasus dan lingkungan yang kurang kritis, tanda tangan elektronik non sertifikasi dapat cukup efektif untuk keperluan sehari-hari. Namun, untuk keperluan yang lebih penting dan resmi, seperti dalam transaksi bisnis atau hukum, biasanya disarankan untuk menggunakan tanda tangan elektronik sertifikasi untuk memastikan keaslian dan integritas dokumen.

Penerapan TTE pada E Office

TTE bisa menjadi solusi di tengah pandemi yang belum jelas titik akhirnya ini. Pemerintah terus mendorong pemanfaatan sertifikat elektronik, tanda tangan elektronik dan digital untuk transaksi daring atau online guna meningkatkan efisiensi dalam bertransaksi dan mendorong inklusivitas dalam aktivitas elektronik.

Aktivitas yang sangat berkaitan dengan TTE biasanya yang berkaitan dengan proses surat-menyurat atau surat elekrtonik pada suatu instansi atau perusahaan. Proses surat-menyurat yang dapat diintegrasikan dengan TTE tentu saja proses surat-menyurat yang sudah menggunakan e office atau persuratan digital.

integraOffice Persuratan sebagai salah satu produk e-office unggulan di Indonesia saat ini telah banyak membantu dalam proses integrasi TTE baik di instansi pemerintahan, kampus, BUMN/BUMD, maupun swasta. Dengan integrasi tanda tangan digital proses pembubuhan tanda tangan tidak lagi dilakukan secara manual, dan yang paling penting integrasi TTE dengan e-office akan menjamin integritas, keamanan, dan keabsahan surat digital.

Baca juga:  Manfaat Aplikasi E Office Bagi Kelancaran Bisnis

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan tanda tangan digital tersertifikasi dan tanda tangan digital non sertifikasi. Jika instansi Anda belum menggunakan aplikasi surat elektronik segera hubungi kami. Sekian.