Tanda Tangan QR Code: Contoh dan Keunggulannya

2024-01-04T11:03:03+07:00 December 25th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Penggunaan tanda tangan QR Code atau kerap dianggap sebagai barcode sekarang ini sangat banyak dijumpai. Keberadaanya tidak lepas dari maraknya penerapan teknologi dalam hal validasi dokumen.

Apa itu QR Code?

QR Code merupakan singkatan dari quick respone code atau barcode dua dimensi yang di dalamnya memuat berbagai jenis informasi.

Inilah mengapa QR Code dapat digunakan sebagai validasi dokumen karena di dalamnya dapat disisipi berbagai informasi yang menunjukkan keaslian atau kevalidan suatu dokumen atau surat.

Lantas, apa hubungannya QR Code dengan tanda tangan?

Dewasa ini tanda tangan tidak hanya yang berkaitan dengan paraf atau bentuk khusus dari tulisan tangan yang mengandung karakter khusus atau bentuk-bentuk unik saja. Lebih dari itu, tanda tangan bisa berupa bintik-bintik kotak hitam dan spasi putih yang bila di-scan atau dipindai dengan alat khusus atau smartphone akan memunculkan informasi unik dari suatu dokumen atau surat. Inilah yang disebut dengan tanda tangan QR Code.

Baca juga: Tips dan Trik Tanda Tangan Anti Palsu untuk Keamanan Dokumen

Contoh tanda tangan QR Code

QR Code untuk tanda tangan lazimnya adalah QR Code stastis yang informasi di dalamnya tidak dapat diganti karena berkaitan dengan keaslian suatu dokumen atau surat.

Jika suatu QR Code diedit atau diganti dengan QR Code lain, maka bisa dipastikan jika di-scan tidak akan terbaca atau bisa jadi memuat informasi lain yang tidak sesuai dengan data dokumen atau surat yang ditempeli QR Code tersebut.

Di bawah ini adalah contoh tanda tangan QR Code yang masih asli dan yang sudah dipalsu.

Baca juga:  Sistem Informasi Bisnis: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

 

QR Code Asli

scan qrcode asli

 

QR Code Spesimen Tanda Tangan Basah Mudah Dipalsu

tanda tangan basah

 

QR Code yang Sudah Dipalsu

 

scan qr code palsu

Baca juga: QR Code, Solusi Mencegah Pemalsuan Tanda Tangan

Keunggulan tanda tangan QR Code

Dari contoh gambar di atas dapat disimpulkan bahwa penggunakan tanda tangan QR Code pada dokumen atau surat sangat kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan keaslian dan kevalidannya.

Meskipun jenis tanda tangan ini bukan tanda tangan digital ––tanda tangan digital merupakan tanda tangan elektronik yang diakui oleh negara, akan tetapi penggunan tanda tangan QR Code bisa dijadikan alternatif bagi instansi atau perusahaan atau apapun itu yang membutuhkan validasi dokumen atau surat secara digital namun tidak perlu berlangganan pada penyedia tanda tangan elektronik.

Demikian penjelasan mengenai contoh dan keunggulan tanda tangan QR Code, jika Anda ingin tau bagaimana penerapan tanda tangan QR Code pada proses surat-menyurat dan arsip dokumen dapat menghubungi kami pada tombol WhatsApp di pojok kanan bawah halaman. Terima kasih.