Wajib Tahu! Ini Cara Cek Keaslian Tanda Tangan Elektronik yang Benar

2023-05-10T11:51:09+07:00 April 29th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Era modern seperti sekarang mendorong adanya transformasi digital dalam berbagai aspek, termasuk tanda tangan. Alih-alih memakai tanda tangan basah yang tradisional, tanda tangan elektronik (TTE) kini lebih populer. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui cara cek keaslian tanda tangan elektronik dengan benar. 

 

Baca juga: Cara Efektif Mencegah Kasus Pemalsuan Tanda Tangan di Era Digital

 

Proses pengecekan keaslian TTE sangat penting. Tujuannya, biar Anda tidak menjadi korban penipuan. Dengan proses pengecekan keaslian TTE yang benar, Anda pun bisa sekaligus mengetahui validitas dokumen. 

Cara Cek Keaslian Tanda Tangan Elektronik

Pengecekan tanda tangan elektronik sangat mudah. Anda dapat melakukannya dengan berbagai metode, di antaranya adalah: 

1. Website Kominfo

Alternatif pertama dalam upaya pemeriksaan keaslian TTE adalah dengan memanfaatkan website resmi Kominfo, di laman https://tte.kominfo.go.id/verifyPDF. Cara penggunaannya sederhana. Anda hanya perlu mengunggah dokumen PDF yang telah bertanda tangan digital dan layar akan menampilkan hasil pemeriksaan. 

2. Aplikasi PDF Reader

Cara selanjutnya, Anda dapat menggunakan aplikasi PDF reader. Pilihan aplikasi semacam ini sangat banyak, termasuk di antaranya adalah Foxit Reader serta Adobe Reader. Langkah-langkah pengecekannya dapat Anda lakukan sebagai berikut: 

    • Dokumen dengan tanda tangan elektronik merupakan berkas dengan ekstensi PDF. Sebagai langkah awal, Anda perlu membuka berkas tersebut menggunakan aplikasi PDF reader yang ada. Kalau belum punya, segera unduh di website resmi masing-masing. 
    • Arahkan layar pada bagian tanda tangan, lalu klik pada tanda tangan tersebut. Setelah itu, pilih opsi Signature Properties. Fungsi ini berguna untuk memperlihatkan informasi tanda tangan dokumen secara lengkap. 
    • Layar akan menampilkan informasi TTE yang tercantum dalam dokumen.
Baca juga:  Apa Itu Surat Bisnis? Yuk, Cari Tahu Definisi, Jenis, dan Strukturnya di Sini!

3. Microsoft Word

Sebagai tambahan, Anda dapat pula menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk mengecek keaslian TTE. Microsoft Word mempunyai fitur untuk menampilkan detail tanda tangan secara lengkap. Dengan begitu, Anda jadi tahu apakah tanda tangan tersebut masih valid, tidak valid, telah mengalami perubahan, atau bersifat parsial. 

 

Baca juga: Membuat Tanda Tangan Elektronik Berbasis QR Code, Begini Caranya!

 

Tidak sulit untuk melakukan pemeriksaan terkait keaslian sebuah tanda tangan digital, kan? Anda dapat menjalankannya cukup menggunakan aplikasi yang biasa digunakan untuk keperluan kantor sehari-hari. 

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat, ya!