Wajib Tahu! Macam-Macam Dokumen Perusahaan

2023-06-22T10:09:22+07:00 June 26th, 2023|Categories: Document Management System|Tags: |

integrasolusi.com – Dokumen atau surat menjadi bagian yang tidak bisa lepas dari kegiatan bisnis dan administrasi perusahaan. Dalam kegiatan operasionalnya, terdapat macam-macam dokumen perusahaan yang memiliki fungsi dan format sendiri-sendiri. Untuk tahu apa saja jenis dokumen perusahaan, baca terus artikel ini.

Jenis Dokumen Perusahaan

Surat Perjanjian

Secara sederhana, surat perjanjian adalah dokumen yang berisi kesepakatan dua pihak atau lebih dan masing-masing pihak mentaati hak dan kewajiban yang tercantum dalam surat perjanjian. Beberapa contoh surat perjanjian di perusahaan adalah surat perjanjian kerja sama bisnis dan surat perjanjian sewa.

Kontrak Kerja

Dokumen wajib perusahaan selanjutnya adalah kontrak kerja. Kontrak kerja adalah dokumen legal yang mengelola hubungan antara perusahaan sebagai pemberi kerja dan karyawan sebagai tenaga kerja. Kontrak kerja secara detail mencantumkan tugas dan kewajiban karyawan, gaji, dan tunjangan yang diterima, serta kebijakan perusahaan. 

Surat Pemberitahuan

Surat pemberitahuan perusahaan bertujuan menyampaikan informasi penting dan resmi kepada pihak-pihak terkait, misalnya anggota internal perusahaan atau badan lain. Dibandingkan pemberitahuan secara lisan, pemberitahuan tertulis dinilai lebih berpengaruh dan jelas. Contoh surat pemberitahuan adalah surat kepada karyawan mengenai perubahan peraturan.

Baca juga:  Solusi Mengelola Dokumen Perusahaan yang Berserakan

Laporan Keuangan

Laporan keuangan berisi catatan keuangan perusahaan, baik itu transaksi keuangan maupun kas. Umumnya, perusahaan membuat laporan keuangan dalam periode tertentu, misalnya setiap akhir tahun. Jenis-jenis laporan keuangan antara lain laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dan laporan neraca.

Surat Izin

Surat izin menjadi dokumen wajib perusahaan karena berisi izin resmi yang didapat dari lembaga pemerintahan atau instansi terkait lainnya. Surat izin ini akan memberikan perlindungan hukum dan dapat menunjang pertumbuhan bisnis. Contoh surat izin perusahaan adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), dan Surat Izin Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Surat Penawaran

Surat penawaran merupakan surat yang berisi penawaran produk atau jasa dari penjual ke mitra bisnis atau calon customer. Surat penawaran umumnya mencakup spesifikasi produk yang ditawarkan, rincian harga, hingga syarat dan ketentuan pembelian produk. Fungsinya tentu selain menawarkan produk, juga untuk membantu memperluas cakupan konsumen.

Baca juga:  Wajib Tahu, Jenis Dokumen Digital yang Populer di Masyarakat

Itu tadi macam-macam dokumen perusahaan yang perlu Anda tahu. Tentunya dokumen-dokumen tadi akan cukup sering dijumpai dalam kegiatan bisnis perusahaan.