integrasolusi.com – Dalam sebuah instansi/perusahaan, seharusnya dikelola dan dijalankan secara tepat, efektif dan efisien oleh seluruh karyawan beserta stakeholder yang ada di instansi/perusahaan tersebut. Namun pada kenyataanya, mayoritas pengelolaannya masih belum maksimal dan belum efektif. Karena masih munculnya kendala-kendala dalam tata Kelola instansi/perusahaannya yang semakin kompleks. Untuk itu, instansi/perusahaan memerlukan suatu sistem pendukung yang memanfaatkan teknologi informasi saat ini dan membantu dan memudahkan proses tata Kelola di instansi/perusahaan secara efektif, yaitu dengan aplikasi e-Office.

Dengan aplikasi e-Office ini, seluruh proses aktivitas pekerjaan dan pengolahan datanya dapat dilakukan secara otomatis dan tersistem secara digital. Dengan demikian, aktivitas dalam instansi/perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien, sehingga dapat mencapai target dari visi dan misi perusahaan secara maksimal. Sistem aplikasi e-Office ini menjadikan waktu pengolahan data/administrasi pekerjaan, komunikasi, koordinasi, pelaporan, dan penyampaian informasi menjadi lebih mudah, cepat dan akurat.

Seperti yang telah diuraikan di atas, aplikasi e-Office sendiri merupakan suatu sistem aplikasi tata kelola perkantoran organisasi/perusahaan berbasis elektronik, dimana sistem ini menggantikan proses administrasi dan manajemen terdahulu yang berbasis manual. e-Office memanfaatkan fasilitas jaringan komputer, baik jaringan intranet, internet, maupun jaringan lain. Oleh karena itu, e-Office juga dapat didefinisikan sebagai suatu sistem aplikasi yang membantu menjalankan dan mengatur aktivitas dan kinerja setiap orang pada suatu kantor atau perusahaan secara efektif dan efisien.

Peran e-Office sangat penting, dalam membantu menyampaikan data dan informasi serta aktivitas komunikasi pada instansi/perusahaan, baik dalam lingkungan satu kantor, antarkantor dalam satu perusahaan, sampai hubungan dengan pihak eksternal. Aplikasi e-Office juga berperan dalam mempercepat proses penyampaian laporan sehingga sangat membantu pimpinan dalam mengambil keputusan, inilah sebabnya mengapa perusahaan atau organisasi perlu menerapkan e-Office .

Didalam aplikasi e-Office sendiri, sebenarnya memiliki banyak modul yang juga perlu kita ketahui, seperti Sistem Persuratan Digital, Manajemen Dokumen, Absensi Online, bahkan sampai Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management), dan masih banyak lagi lainnya. Namun, dalam prakteknya memang tidak semua modul yang ada pada e-Office tersebut digunakan secara sekaligus, melainkan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dari instansi/perusahaan tersebut. Dengan diterapkannya e-Office secara tepat, akan menjadi nilai keunggulan tersendiri bagi instansi/perusahaan untuk mampu maju bersaing dalam persaingan bisnis yang ada sekarang ini.

Ingin tahu lebih dalam mengenai e-Office dan implementasinya? Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya !!

Sumber
https://blog.docotel.com/mengenal-e-office-lebih-dekat/