5 Bahaya Mengambil Source Code Gratis

2023-08-29T15:28:08+07:00 August 8th, 2023|Categories: Lain-Lain|Tags: , |

integrasolusi.com – Segala akses gratis dan pengembangan yang cepat dari software open source bisa menimbulkan malapetaka. Mungkin Anda bisa menghemat waktu dan biaya, tetappi beberapa potensi bahaya source code gratis juga mengintai. Apa saja bahayanya? 

Keamanan

Open source software hadir tanpa klaim dan kewajiban hukum untuk keamanan. Bahkan, tidak ada dukungan komunitas tentang bagaimana langkah-langkah untuk mengimplementasikan source code php dengan aman. 

Sayangnya, para developer yang ada di balik software open source ini mungkin bukan pakar keamanan sehingga risiko selalu ada. Biasanya, software dari sumber terbuka juga menggunakan library dari pihak ketiga yang menyulitkan identifikasi dan peningkatan keamanan. 

Baca juga:  HATI-HATI! Bahaya Kejahatan Siber

Rentan

Kerentanan pada software sumber terbuka nyatanya diketahui oleh publik seperti kontributor dan juga organisasi atau komunitas OWASP serta NVD. Artinya, ketika Anda lalai dalam memelihara versi terbaru software maka risiko bahaya source code gratis dari sisi kerentanannya ada dua. Pertama identifikasi dan kedua eksploitasi dari oleh oknum nakal.  

Malware

Para penjahat di dunia Maya saat ini lebih cerdik dalam bertindak. Jika target mereka adalah pengguna software sumber terbuka, maka upayanya bisa berupa menciptakan library yang terlihat biasa namun berisi coding aplikasi gratis berbahaya

Ada juga yang menyisipkan kode untuk mencuri data di kemudian hari setelah banyak yang menggunakan library ciptaan mereka. Library dari sumber terbuka ini juga sering berisi malware yang sering digunakan untuk serangan ransomware. 

Membebani Operasional

Beberapa komponen dalam perangkat lunak sumber terbuka justru menambah pekerjaan bagi penggunanya. Anda perlu memantau komponen yang digunakan, update versi terbaru, hingga kemungkinan interaksi dengan komponen lain. Bahkan ada juga komponen tambahan yang justru membuat sistem Anda lebih rumit. 

Melanggar Kekayaan Intelektual yang Dilindungi

Tidak ada jaminan source code aplikasi yang Anda gunakan ini bebas dari tuntutan. Ada kemungkinan risiko pelanggaran hak cipta karena pembuat atau developer lalai dalam prosesnya. 

Sebagai pengguna, Anda jelas memiliki potensi mendapat tuntutan, gugatan, hingga klaim kerugian dari pemilik hak cipta yang sebenarnya. 

Baca juga:  Sistem Penyimpanan Arsip Perusahaan

Lima bahaya source code gratis bisa Anda hindari dengan memilih software berbayar yang jelas legalitas dan penggunaannya. Keamanannya lebih pasti dan Anda juga akan mendapat dukungan dari ahli.

 

 

Sumber:
https://www.veracode.com/security/dangers-open-source-risk
https://www.datto.com/blog/7-risks-posed-by-open-source-software-and-how-to-defend-yourself
https://snyk.io/learn/risks-of-open-source-software/