HATI-HATI ! Bahaya Kejahatan Siber

2020-12-21T14:48:04+00:00

integrasolusi.com – Berbicara tentang era digital seperti sekarang ini, tentunya Anda semua akan berpikiran bahwa semuanya sudah dilakukan secara online dan digital tanpa harus ada lagi cara-cara manual dan konvensional dalam beraktivitas sehari-hari. Dengan teknologi digital, kita semua mendapatkan kemudahan dalam beraktivitas baik aktivitas di rumah atau dalam hal pekerjaan. Namun yang paling utama di era digital ini adalah, kita semua mudah untuk mendapatkan dan mengakses informasi yang ada, baik melalui media laptop/PC sampai dengan media dalam genggaman kita, yaitu smartphone, yang pasti sekarang ini semua orang sangat-samgat bergantung pada alat yang namanya smartphone ini. Bayangkan saja, mulai bangun tidur sampai dengan waktu tidur lagi, mayoritas masyarakat akan tetap setia  bersama smartphone nya. Begitu juga dengan teknologi digital yang ada saat ini, selain digunakan untuk kita pribadi, pastinya juga akan menjadi hal utama bagi organisasi/perusahaan dalam membantu aktivitas mereka. Sebegitu pentingkah teknologi digital bagi segala aspek kehidupan kita?

Ngomong-ngomong teknologi digital beserta kemudahan yang ada didalamnya, tentu saja kita semua harus tetap waspada dan jangan sampai terlena dengan kemudahan yang diberikan. Karena dalam kemudahan yang didapatkan dari implementasi teknologi digital, tentunya ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab mencari celah dan memanfaatkannya untuk kejahatan. Dan inilah yang perlu kita waspadai bersama tentang kejahatan siber atau Cyber Crime,

Seperti yang telah diinfokan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada laman webnya : “Untuk menciptakan lingkungan siber strategis dan penyelenggaraan sistem elektronik yang aman, andal dan terpercaya; memajukan dan menumbuhkan ekonomi digital dengan meningkatkan daya saing dan inovasi siber; serta membangun kesadaran dan kepekaan terhadap ketahanan dan keamanan nasional dalam ruang siber, pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan peraturan perubahannya Peraturan Presiden Nomor 133 Tahun 2017 membentuk BSSN yang bertugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber nasional”. Intinya adalah kita semua wajib bersinergi dalam membangun dan menjaga keamanan siber kita.

Nah sudah tahu kan, betapa pentingnya kita harus menjaga keamanan data digital kita, lebih-lebih saat pandemi seperti sekarang ini, ada lonjakan kasus dalam kejahatan siber yang memanfaatkan celah pada transaksi digital kita, ya memang karena selama pandemi ini, mayoritas kita semua memang bergantung dan memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk menghindari kontak fisik dan bertatap muka langsung dengan sesama. Oleh karena itu, jangan sampai data-data penting kita atau data serta informasi penting perusahaan jatuh dan dimanfaatkan oleh oknum penjahat siber, tentunya akan sangat merugikan dan berdampak besar bagi kita dan perusahaan.

Bagaimana cara-cara mencegah terjadinya kejahatan siber ( cyber crime) ?

Dilansir laman berita liputan 6.com, ada beberapa teknik cara dalam mencegah terjadinya kejahatan siber, antara lain :

  1. Cek keamanan email Anda, dengan melakukan cek email dan ganti password email Anda secara rutin dimaksudkan untuk mencegah terjadinya celah pencurian data dan informasi Anda melalui email. Dan email bisa menjadi sasaran para penjahat siber, karena email mengandung data-data dan informasi kita maupun transaksi digital yang kita lakukan.
  2. Keamanan akun media sosia kita, media sosial merupakan salah satu aplikasi yang mudah di bobol dan menjadi sasaran penjahat siber, karena melalui media sosial, kita secara tidak langsung menyebarkan informasi tentang data apa saja yang ada pada diri kita.
  3. Cek keamanan ponsel atau smartphone, karena seperti yang dijelaskan sebelumnya. Smartphone istilahnya telah menjadi soulmate kita sehari-hari karena memudahkan segala macam aktivitas kita. Maka dari itu, smartphone kita juga perlu dilindungi data-datanya, misalnya kontak telepon, data lokasi, email, data mobile banking, dll. Pastikan smartphone Anda :
  • Terpasang kata sandi/fingerprint
  • Cek aplikasi pada ponsel dan pastikan tidak ada aplikasi yang tidak resmi
  • Hindari mengoprek smartphone atau hindari menggunakan device yang sudah di oprek secara tidak resmi.
  1. Bagi perusahaan, pastikan Anda memberikan pengetahuan dan informasi tentang keamanan siber kepada para staff dan karyawan. Hal ini dimaksudkan agar para individu yang ada pada perusahaan dapat secara dini mengetahui tentang adanya peretas dan terjadinya serangan siber pada perusahaan
  2. Konsultasi secara intens dengan konsultan IT tentang IT Security, hal ini sangat diperlukan jika perusahaan tidak ada SDM IT yang berkompeten di bidang IT Security. Dengan adanya konsultan IT yang ahli dibidang IT Secuity, tentu saja Anda dan perusahaan akan mendapatkan insight yang bermanfaat tentang IT Security yang dapat digunakan dalam menjaga data informasi penting perusahaan agar tidak dimanfaatkan para penjahat siber.

Dari beberapa cara dan langkah di atas, bisa Anda implementasikan demi menjaga data dan informasi agar tidak dimanfaatkan oleh para penjahat siber. Bagaimana sudah dapat Anda bayangkan bukan? Bagaimana pentingnya menjaga data dan informasi Anda.

Lantas apakah ada konsultan IT yang benar-benar kompeten dalam hal IT Security sesuai kebutuhan instansi/perusahaan Anda? Jelas ada, yaitu tim integraOffice, yang berkompeten dalam hal IT Security dengan sertifikasi IT standard internasional.

Penasaran bukan? Langsung saja klik disini untuk informasi lengkapnya

Tim kami akan siap sedia berdiskusi dan membantu Anda memberikan solusinya

 

Semoga bermanfaat

 

NB : Kami tidak mengatakan kami yang terbaik, tetapi tim integraOffice sudah teruji dan tersertifikasi serta mampu memberikan solusi IT Security di beberapa BUMN dan swasta. jadi tunggu apalagi ! segera hubungi kami

 

 

 

Sumber :
https://bssn.go.id/strategi-keamanan-siber-nasional/
https://www.liputan6.com/tekno/read/4365420/4-cara-mencegah-kejahatan-siber-yang-semakin-merajalela

 

 

 

×

Hello!

Klik untuk mengirim Chat di WhatsApp atau kirim email ke support@integrasolusi.com

× Hubungi Kami di Whatsapp