Bagaimana Cara Bersaing dalam Bisnis Melalui Cybersecurity

2024-01-04T09:34:14+07:00 February 21st, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Belakangan ini, lebih dan lebih banyak lagi perusahaan yang menginvestasikan cukup banyak dana dalam keamanan siber atau cybersecurity. Hal ini menjadi sesuatu yang wajib dilakukan dengan banyaknya data yang harus dilindungi serta tingginya ekspektasi klien. Jadi, apakah cybersecurity sekedar keharusan ataukah bisa menjadi sesuatu yang mampu membawa bisnis ke arah lebih maju?

Cybersecurity Membantu Perusahaan Mencapai Keunggulan Kompetitif

Pada kenyataannya, bukan hanya tentang melindungi data, keamanan siber mampu menunjang persaingan bisnis. Dengan cybersecurity, suatu perusahaan dapat melebihi para pesaing mereka dalam tiga tujuan strategis yang spesifik, yaitu:

  • Unggul dalam persaingan bisnis yang ada.
  • Menciptakan keunggulan kompetitif yang baru dengan adanya keamanan produk.
  • Mendapatkan kepercayaan pelanggan secara luas.

 

Baca juga: Serangan Siber yang dapat Mengancam Keamanan Data Perusahaan

 

Elemen Kunci untuk Mencapai Kepatuhan Cybersecurity

Agar kepatuhan keamanan siber secara keseluruhan tercapai, berikut empat aspek utama yang harus diperhatikan:

Aspek Strategis

Karyawan yang bekerja di bagian keamanan siber harus paham betul tantang misi,visi, dan strategi perusahaan, serta kegiatan pengamanan langsung. Dengan pendekatan ini, perusahaan bisa menemukan peluang pasar yang belum ada sebelumnya.

Aspek Organisasi

Diperlukan adanya kebijakan dan prosedur perusahaan untuk menentukan tata kelola keamanan dan bagaimana antar departemen dapat berkoordinasi dalam kegiatan yang berhubungan dengan keamanan. Perusahaan juga harus memiliki teknik manajemen proyek dan kesiapan menghadapi perubahan organisasi berkelanjutan.

Aspek Manusia

Yaitu adanya komitmen dari manajemen tertinggi terhadap keamanan siber. Beberapa caranya adalah mengadakan pelatihan tentang keamanan dan memiliki sarana yang memadai untuk menyampaikan pentingnya keamanan ini. Hal ini juga mampu menciptakan budaya keamanan dalam perusahaan.

Baca juga:  Hubungan Dokumen, Kearsipan, dan Rekod

Aspek Teknologi dan Manajemen Risiko

Termasuk di antaranya adalah mengidentifikasi risiko-risiko yang mungkin terjadi terkait informasi rahasia perusahaan. Kemudian, menentukan TI, langkah hukum, organisasi, sumber daya manusia, dan pengamanan fisik mana yang bisa memitigasi risiko tersebut.

Dengan kata lain, apabila perusahaan hanya berfokus pada teknologi dan mengabaikan aspek lain, maka kepatuhan cybersecurity tidak akan tercapai. Dengan menyelaraskan keempat aspek di atas, proyek kepatuhan akan semakin mudah dikelola.

 

Baca juga: HATI-HATI! Bahaya Kejahatan Siber

 

Keamanan siber atau cybersecurity menunjang persaingan bisnis dan membantu perusahaan unggul dalam persaingan yang ada. Apakah perusahaan Anda sudah menerapkan cybersecurity yang tepat? Untuk tahu lebih lanjut tentang cybersecurity yang perlu diaplikasikan pada perusahaan Anda, hubungi kami.