5 Prinsip Tata Kelola TI yang Wajib Dipenuhi

2024-01-04T09:12:24+07:00 August 10th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Agar teknologi informasi dapat digunakan dengan efisien dan membantu memenuhi kebutuhan, diperlukan adanya IT governance atau tata kelola teknologi informasi. Namun, sistem tata kelola TI tidak bisa diterapkan begitu saja. Terdapat lima prinsip tata kelola TI yang harus dipenuhi. Apa saja yang mencakupi prinsipnya?

Performance Management

Pada prinsip performance management, tata kelola teknologi informasi harus memastikan jika kinerja layanan yang diberikan bisa diukur pada setiap tahapan. Hal ini bertujuan supaya bisa membantu memastikan jika hasil akhir sesuai dengan yang diharapkan.

Resource Management

Selanjutnya ada prinsip resource management. Harus dipastikan bahwa sumber daya teknologi informasi yang dibutuhkan ada dan pemanfaatannya efisien pada prinsip tata kelola ini.

Tanpa adanya resource, tata kelola tidak berjalan dengan baik. Baik itu teknologi informasi di Indonesia atau negara lain harus memiliki resource sebelum menerapkan tata kelola teknologi informasi.

Baca juga:  Apa Saja Ruang Lingkup dalam Tata Kelola IT?

Risk Management

Tentunya risiko bisa muncul pada sistem teknologi informasi. Untuk mengurangi risiko atau membuatnya makin kecil, prinsip risk management perlu diperhatikan. Di prinsip satu ini, teknologi informasi harus bisa memberikan kepastian bahwa mitigasi risiko terkait teknologi informasi telah dipetakan dan direncanakan dengan baik.

Strategic Alignment

Penerapan sistem tata kelola teknologi informasi tidak dilakukan tanpa memperhatikan strategi. Perusahaan atau teknologi memiliki strategi mereka tersendiri. 

Strategi yang dimiliki sistem itu harus sejalan dengan strategi bisnis perusahaan atau organisasi yang terkait. Tujuannya agar sinergi dalam proses kedua strategi tersebut dapat tercipta hingga keduanya mampu saling melengkapi untuk mencapai tujuan utama.

Value Delivery

Prinsip terakhir yaitu value delivery. Perusahaan atau organisasi tentunya memiliki tujuan yang ingin dicapai. Karena itu, tata kelola teknologi informasi tidak boleh meninggalkan value delivery.

Prinsip ini mengharuskan tata kelola teknologi informasi yang diterapkan untuk membantu memberi nilai tertentu pada perusahaan atau organisasi. Nantinya hal tersebut akan mendorong proses pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi./

Baca juga:  Ini Dia Perbedaan Tata Kelola IT dan Manajemen IT

Penutup

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa prinsip tata kelola TI sangat berpengaruh pada penerapan tata kelola TI di perusahaan atau organisasi. Apabila tata kelola TI yang ada tidak memenuhi prinsip, itu tandanya tata kelola TI belum diterapkan dengan baik. Jadi, perusahaan atau organisasi harus menerapkan tata kelola TI sesuai prinsip.

 

 

Referensi:
https://sis.binus.ac.id/2021/04/29/it-governance-dan-5-prinsipnya/
https://inixindojogja.co.id/5-prinsip-it-governance-ketahui-apa-tujuannya/