Apa Saja Ruang Lingkup dalam Tata Kelola IT?

2024-01-04T09:21:04+07:00 April 25th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – IT governance atau tata kelola teknologi informasi merupakan sebuah proses atau kerangka kerja yang mencakup semua keputusan penting terkait dengan teknologi informasi. Tata kelola IT memastikan proses IT terintegrasi sehingga semua tujuan bisnis dapat tercapai. 

Stakeholder kadang memandang bahwa keberhasilan implementasi IT adalah ketika keuntungan yang didapat lebih besar dari besaran dana yang diinvestasikan. Sementara itu menurut Dr. B. Ranti, IT Business Value atau manfaat bisnis IT bisa dipahami sebagai nilai kontribusi teknologi informasi dalam meningkatkan kinerja atau performa perusahaan.

 

Baca juga: 3 Hal Utama Dalam Perancangan Teknologi Informasi Perusahaan

 

Tata kelola teknologi informasi memiliki cakupan atau scope tertentu. Menurut IT Governance Institute, terdapat 5 cakupan yang menjadi fokus dalam pengelolaan IT. Apa saja?

5 Fokus Pengelolaan Teknologi Informasi

1. Strategic Alignment 

Fokus ini berguna untuk memastikan bahwa perencanaan teknologi informasi termasuk penetapan, maintenance dan validasi usulan nilainya selaras dengan tujuan operasional perusahaan. 

2. Value Delivery

Value delivery berfokus pada pelaksanaan usulan nilai tambah lewat siklus delivery (pengantaran), memastikan bahwa teknologi informasi bisa mendatangkan manfaat bagi strategi, konsentrasi pada optimasi biaya. Pada akhirnya, ini bisa mendatangkan keuntungan atau nilai lebih bagi perusahaan.

3. Resource Management

Resource management berfokus pada cara bagaimana infrastruktur dan sumber daya yang tersedia bisa memenuhi kebutuhan perusahaan dan bisa digunakan secara optimal. Sumber daya yang dimaksud dalam poin itu juga termasuk sumber daya orang atau karyawan.

4. Risk Management

IT merupakan bagian dari perusahaan yang sangat rentan terhadap berbagai risiko. Dengan tata kelola teknologi informasi yang baik, perusahaan bisa melakukan identifikasi terkait kemungkinan risiko yang muncul serta melakukan mitigasi (mencegah atau menangani dampak dari risiko tersebut).

Baca juga:  Ruang Lingkup Tata Kelola TI dan Tujuannya

5. Performance Measurement

Dalam performance measurement, fokusnya adalah tentang bagaimana cara mengukur dan mengawasi kinerja dari teknologi informasi yang ada sekaligus melakukan penyesuaian penggunaan dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan. Performance measurement biasanya dilakukan dengan pendekatan lewat IT balanced scorecard.

 

Baca juga: Kenali Apa Itu IT Master Plan serta Manfaatnya Bagi Perusahaan

 

Itulah berbagai cakupan dalam tata kelola teknologi informasi yang perlu Anda ketahui. Pastikan pelaksanaan tata kelola teknologi informasi di perusahaan Anda berjalan sesuai dengan cakupan di atas agar hasilnya optimal dan tujuan perusahaan bisa tercapai.