Ruang Lingkup Tata Kelola TI dan Tujuannya

2024-01-04T09:20:56+07:00 May 2nd, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Dewasa ini, banyak perusahaan dan lembaga menginvestasikan dana mereka untuk mendapatkan dan mengembangkan sistem informasi yang canggih dan andal. Walaupun mengeluarkan uang untuk Teknologi Informasi yang baik membutuhkan modal yang tidak kecil, manfaat yang diperoleh jauh lebih besar dari biaya yang diinvestasikan.

Tata kelola TI memiliki 5 area fokus. Apa saja ruang lingkup tata kelola TI? Simak pembahasannya berikut:

Strategic alignment/Strategi dan perencanaan teknologi informasi

Strategic alignment fokus pada pengembangan strategi dan rencana terkait penetapan, pemeliharaan, dan validasi teknologi informasi dan keselarasannya dengan proses operasional perusahaan.

 

Baca juga: Manfaat Mengukur IT Maturity Level dari Framework COBIT

 

Value delivery/Pengukuran nilai

Value delivery fokus pada pengukuran kinerja sistem, dengan cara memastikan TI yang diaplikasikan memberikan dampak positif baik dalam segi strategi, optimasi biaya, maupun nilai tambah dari TI itu sendiri.

Resource management/Pengelolaan sumber daya TI

Ruang lingkup tata kelola TI selanjutnya adalah pengelolaan sumber daya TI. Resource management meliputi pengelolaan teknologi informasi yang berfokus pada sumber daya seperti informasi, aplikasi, hardware, software, infrastruktur, dan orang.

Risk management/Manajemen risiko TI

Manajemen risiko TI berhubungan dengan pengelolaan risiko yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi dan transparasi risiko bagi perusahaan. Risiko yang dimaksud bisa berupa kegagalan sistem, keamanan data atau informasi, dan fraud oleh sumber daya manusia.

Performance measurement/Pengukuran kinerja TI

Mengawasi dan mengontrol kinerja sistem dan aplikasi TI. Evalusi kinerja TI juga dikaitkan dengan strategi dan pertumbuhan bisnis, serta apakah TI sudah menerapkan framework Tata Kelola TI seperti COBIT, ITIL, ISO20000, Six Sigma, dan IT4IT.

Baca juga:  Apa Saja Fungsi dan Tugas Pengendali Dokumen (Document Control)?

Itu tadi lima ruang lingkup tata kelola TI dalam kaitannya dengan proses bisnis. Pengelolaan teknologi informasi yang baik dan tepat mampu membawa perusahaan lebih dekat ke visi dan misi yang hendak dicapai. 

 

Baca juga: Konsep Bisnis, Data, Aplikasi, Teknologi (BDAT) Dalam Tata Kelola IT

 

Apabila perusahaan Anda membutuhkan solusi untuk tata kelola teknologi informasi (TI), inOffice siap membantu. Anda juga bisa berkonsultasi tentang kebutuhan TI lainnya bersama inOffice. Hubungi kami sekarang.