Ini Dia Perbedaan Tata Kelola IT dan Manajemen IT

2024-03-18T10:15:42+07:00 May 4th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Ada berbagai kebingungan terkait tata kelola IT. Kadang, kita sulit membedakannya dengan bagian lain dalam organisasi/perusahaan. Salah satu bidang yang sering dianggap sama dengan tata kelola IT atau IT governance adalah manajemen IT. Lalu, apa sebenarnya perbedaan keduanya?

Apa Itu Tata Kelola IT?

Tata kelola IT merupakan bagian paling penting dalam tata kelola perusahaan. Tata kelola IT terdiri dari struktur organisasi, praktik kepemimpinan serta proses yang me-maintenance, memelihara, mendukung strategi dan tujuan bisnis serta para stakeholder. 

Tata kelola IT merupakan fungsi yang memantau, mengevaluasi, mengelola serta mengarahkan orang, proses dan teknologi untuk memastikan adanya nilai tambah bagi para stakeholder dalam perusahaan. Adanya tata kelola IT akan memastikan bahwa semua aktivitas IT yang dilakukan selaras dengan tujuan bisnis yang akan berdampak pada peningkatan kepatuhan, penurunan risiko, peningkatan kinerja dan tentu saja kenaikan profitabilitas.

Tata kelola IT atau IT governance sendiri ada banyak jenisnya. Dua yang paling populer adalah Cobit dan TOGAF.

Baca juga: Ruang Lingkup Tata Kelola TI dan Tujuannya

Apa Itu Manajemen IT?

Berbeda dengan tata kelola, IT management atau manajemen IT berfokus pada orang-orang atau sumber daya manusia. Manajemen layanan IT mencakup seluruh aktivitas yang berhubungan dengan perencanaan, perancangan, transisi, pengelolaan hingga peningkatan secara berkelanjutan terhadap layanan IT.

Salah satu komponen kunci dalam manajemen IT adalah menentukan persyaratan operasional perusahaan serta sumber perangkat lunak dan perangkat keras yang sesuai. Prosesnya juga melibatkan sejumlah aktivitas seperti instalasi update pada komputer perusahaan, pengembangan protokol keamanan dana dan koordinasi dukungan teknis.

Baca juga:  Manfaat Konsultan IT bagi Bisnis Anda!

Baca juga: Pentingnya Tata Kelola dalam Teknologi Informasi

Apa Perbedaannya?

Pada dasarnya, tata kelola IT maupun manajemen IT adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Fungsinya sama-sama me-maintenance orang, proses dan teknologi. Hanya saja, cara kerjanya memang sedikit berbeda.

Tata kelola IT beroperasi di tingkat yang strategis, berada di puncak perusahaan untuk menetapkan kebijakan dan model operasi. Sementara itu, IT berada di tingkat operasional untuk memastikan praktik kerja IT sehari-hari bisa memberikan keuntungan dan nilai bagi perusahaan.

Agar fungsi IT di perusahaan atau organisasi Anda berjalan sebagaimana fungsinya, Anda membutuhkan manajemen dan tata kelola IT yang efektif, efisien dan aman. Keduanya tidak bisa dilakukan secara terpisah. Baik manajemen IT dan tata kelola IT akan lebih efektif ketika keduanya berperan bersama-sama dengan baik.

Itulah perbedaan secara umum antara tata kelola IT dengan manajemen IT. Siap mengimplementasikan keduanya untuk organisasi Anda?