Apa Saja Hasil yang Didapat Dari Pentest?

2024-01-04T09:14:35+07:00 June 29th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Ada cukup banyak alasan dan manfaat melakukan evaluasi keamanan dan jaringan sistem komputer, yaitu penetration testing atau pentest. Selain dapat menemukan celah dari keamanan sistem yang sudah Anda aplikasikan, pentest juga membantu memperkirakan kerugian bisnis. Untuk tahu lebih jauh mengenai apa saja hasil dari pentest, berikut ini penjelasannya.

Hasil yang Didapat dari Pentest

Bergantung pada lingkup, tujuan, dan metode yang diterapkan, hasil dari pentest akan bervariasi. Secara umum, berikut ini beberapa contoh hasil yang ditemukan selama proses penetration testing:

Identifikasi Celah atau Kerentanan

Hasil yang pertama dari pentest  tentu kerentanan keamanan yang ada pada aplikasi, sistem, atau infrastruktur jaringan. Hasil uji celah keamanan yang dimaksud mencakup kelemahan pada perangkat lunak, konfigurasi yang buruk, dan sensibilitas pada protokol jaringan yang digunakan. Selanjutnya, bisa ditentukan langkah perbaikan yang tepat.

Eksploitasi Kerentanan

Sebagai metode yang digunakan untuk menganalisis sistem perangkat dengan cara melakukan simulasi nyata serangan cyber, pentest akan membantu Anda menemukan celah atau kerentanan yang mungkin belum terdeteksi. Dengan ini, perusahaan bisa memahami potensi dampak apabila celah tidak diperbaiki.

Baca juga:  Kenapa Pentest Penting Bagi Perusahaan? Ini Dia 3 Alasannya

Pencurian Data

Hasil berikutnya adalah pentest dapat bertindak sebagai skenario pencurian data. Saat proses pentest, tim Anda akan mencoba mencuri data sensitif atau informasi rahasia perusahaan untuk menunjukkan risiko yang ada. Pencurian data tentu akan berdampak pada reputasi dan profit perusahaan.

Analisis Kerentanan

Eksploitasi sistem komputer yang dilakukan melalui pentest bertujuan mencari kerentanan dan meningkatkan keamanan sistem. Hasil keluaran penetration testing meliputi celah dan ancaman di berbagai level, dampak potensial, dan pada akhirnya menentukan beberapa rekomendasi untuk perbaikan.

Pengujian Keberlanjutan

Hasil terakhir penetration testing adalah mengetahui sejauh mana respons dan persistensi sistem terhadap serangan. Dengan ini, Anda bisa mengenali area apa dan mana saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan responnya terhadap serangan.

Baca juga:  5 Langkah Wajib dalam Proses Penetration Testing Software

Itu tadi lima hasil dari pentest. Tujuan utama dari pentest adalah sebagai dasar pengujian sistem jaringan komputer yang ada dan melindungi sistem dari potensi adanya serangan di kemudian hari.