Apa Saja Jenis Data yang Dapat Diproses dengan OCR?

2023-05-23T13:21:35+07:00 February 7th, 2023|Categories: OCR|Tags: , , |

integrasolusi.com – Kini teknologi pemindaian semakin canggih dengan adanya OCR (Optical Character Recognition). Alat yang satu ini mampu mengenali karakter teks, baik teks cetak maupun tulisan manual, secara instan.

Sistem pengenalan karakter diciptakan pertama kali oleh Charles R. Carey pada 1870. Awalnya, sistem ini hanya berupa pemindai retina, sebuah sistem transmisi gambar yang memanfaatkan mosaik fotosel.

Jauh setelah penemuan pertama, sistem pengenalan karakter kini sudah bisa diakses dengan mudah, baik via online maupun offline.

Ada bermacam-macam data yang mampu diproses oleh teknologi pengenalan karakter. Penasaran apa saja? Simak info singkat berikut!

Jenis Data yang Dapat Diproses dengan OCR

Teknologi pengenalan karakter dapat digunakan untuk membaca beragam data, seperti

  • Dokumen cetak. Setelah dipindai, teks dari dokumen ini bisa diedit melalui aplikasi seperti Google Docs atau Microsoft Words.
  • Gambar. Sistem pengenalan karakter dapat mengubah gambar menjadi teks atau image to text. Alat ini bahkan bisa menerjemahkan teks dari gambar ke dalam bahasa tertentu.
  • Cek. Sistem pengenalan karakter bisa menyetorkan cek secara elektronik tanpa perlu meminta bantuan teller bank.
  • Informasi historis, misalnya majalah, buku telepon, dan koran.
  • Dokumen legal. Dapat dipindai dan diubah menjadi basis data elektronik.
  • Kartu dan papan pengenal. Sebagai contoh, KTP, SIM, paspor, NPWP, plat nomor kendaraan, spanduk, dan baliho.

 

Baca juga: Teknologi OCR untuk Kemudahan Pencarian Dokumen Digital

 

Arsip Digital yang Menggunakan Teknologi Pengenalan Karakter Optis

Ada banyak aplikasi yang menggunakan sistem pengenalan karakter. Namun, bagi Anda yang mencari aplikasi manajemen arsip dengan teknologi tersebut, integraOffice Document Management System jawabannya.

Baca juga:  Strategi PT Kawasan Industri Wijaya Kusuma dalam Mengelola Sistem Persuratan

Aplikasi ini dapat membuat dokumen dengan cara memindai karakter dari berbagai jenis data. Selain itu, Anda bisa langsung mengedit ketika ada saltik dan mengecek histori revisinya. Aplikasi integraOffice Document Management System juga dilengkapi dengan fitur pembatasan akses dan pencatatan logistik. Lengkap dan praktis!

Bagaimana? Sudah paham apa saja jenis data yang dapat diproses oleh OCR? Jika ingin menikmati kemudahan dan kecepatan dari alat ini secara optimal, Anda bisa andalkan aplikasi arsip digital dari integraOffice. Kontak kami untuk informasi lebih lanjut.