integrasolusi.com – Pemenuhan kebutuhan akan sistem informasi bagi semua jenis organisasi menyebabkan perkembangan sistem informasi yang begitu pesat. Semakin signifikannya peran TI dalam mendukung pencapaian tujuan organisasi tentu saja harus dibarengi dengan pengendalian TI yang memadai. Tanpa adanya tata kelola TI yang memadai, sistem informasi (sebagai kesatuan sumber daya informasi) yang dimiliki organisasi dapat menjadi bumerang yang justru menghambat pencapaian tujuan organisasi.

Bukan hanya kehidupan manusia sebagai individu, tetapi organisasi modern pun bergantung pada dukungan TI untuk dapat beroperasi dengan efektif dan efisien setiap harinya. Berbagai proses komunikasi bisnis, pengolahan informasi transaksi, bahkan pengambilan keputusan-keputusan penting membutuhkan dukungan TI yang cukup.

Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai pendukung pencapaian tujuan dan sasaran organisasi harus diimbangi dengan keefektifan dan efisiensi pengelolaannya. Maka dari itu, audit TI haruslah dilakukan untuk menjaga keamanan sistem informasi sebagai asset organisasi, untuk mempertahankan integritas informasi yang disimpan dan diolah dan tentu saja untuk meningkatkan keefektifan penggunaan teknologi informasi serta mendukung efisiensi dalam organisasi. Nah, pada kesempatan ini kami akan membagikan kepada Anda beberapa alasan mengapa Audit TI sangat tepat dilakukan untuk organisasi sebagai salah satu langkah awal untuk berbenah, antara lain adalah :

  1. Memberikan Rekomendasi Terhadap Temuan Yang Muncul Pada Proses Audit. Namanya juga audit, tindakan ini melakukan pemeriksaan atas data-data elekronis pada sistem layanan IT di perusahaan. Bisa saja ada temuan yang sebelumnya tidak disadari. Audit TI merekomendasikan temuan ini untuk segera ditindaklanjuti.
  1. Rekomendasi Mengenai Tindakan Yang Dikerjakan. Selain temuan, ada pula rekomendasi tentang tindakan apa saja yang bisa ditempuh atas ketidaksesuaian pada sistem IT yang ada. Hal ini bisa menghemat waktu sebab tindak lanjut yang diambil bisa segera dilakukan tanpa harus memikirkan ulang cara penanganannya.
  1. Mengawasi Relaksanaan Rekomendasi  Setelah memberikan rekomendasi, audit TI bisa berlaku juga sebagai pengawas. Hal ini untuk memastikan bahwa tindakan yang diambil bisa berjalan secara presisi dan tidak menimbulkan masalah baru.
  2. Memberikan Jaminan Kepada Manajemen Tentang Kondisi Yang Ada Pada Organisasi. Audit yang baik akan memberikan preseden yang baik pula terhadap perusahaan. Hasil ini juga bisa memberi gambaran umum kepada manajemen tentang kondisi organisasinya.
  3. Melakukan Penilaian Setelah melakukan serangkaian proses audit, akan diketahui bagaimana kinerja yang telah dilakukan oleh perusahaan. Proses ini juga bisa menunjukkan penilaian sehingga bisa terlihat tingkat efektivitas dan efisiensi yang dijalankan oleh tiap bagian pada perusahaan, apakah sudah sesuai atau belum

Dari penjelasan singkat ini, nampak jelas bahwa masih akan ada banyak tantangan ke depan teruntuk audit TI. Setiap pihak harus sadar dan bisa bekerja sama untuk, mengimplementasikan, serta mencapai tujuan-tujuan dasar yang sudah ditentukan dan dipahami bersama. Tim Integra Teknologi Solusi senantiasa siap untuk membantu organisasi/perusahaan agar dapat melakukan implementasi TI dengan efektif dan efisien.

Segera hubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut !!

 

 

 

 

 

Sumber :
https://blog.gamatechno.com/mengenal-pentingnya-audit-teknologi-informasi/
https://itgid.org/audit-ti/#:~:text=Maka%20dari%20itu%2C%20audit%20TI,serta%20mendukung%20efisiensi%20dalam%20organisasi.