Bagaimana Tata Kelola TI Memberikan Kontribusi Terhadap Tata Kelola Perusahaan

2024-01-04T09:21:18+07:00 April 23rd, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Tata kelola TI atau IT Governance memberikan kontribusi signifikan bagi perusahaan dalam mencapai tujuan dan strategi bisnis. Agar proses bisnis berjalan baik dan lancar, dibutuhkan tata kelola TI yang baik pula. Berikut ini pentingnya kontribusi TI terhadap tata kelola perusahaan:

Tata Kelola TI Bagian dari Tata Kelola Perusahaan

IT Governance merupakan bagian dari tata kelola perusahaan yang mencakup kepemimpinan, struktur organisasi, dan proses. Tata kelola TI berada di bawah tanggung jawab anggota eksekutif perusahaan. Tata kelola TI yang baik mampu menyelaraskan antara teknologi informasi, manajemen risiko, dan tujuan bisnis.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Framework Tata Kelola TI dan Kegunaannya dalam Bisnis

Tata Kelola TI yang Baik Dapat Menekan Biaya

Survei yang dilakukan oleh MIT Sloan menyebutkan bahwa penerapan tata kelola TI yang baik terbukti mampu menekan biaya hingga 20% lebih. Persentase ini dicapai setelah perusahaan menentukan strategi operational excellence dalam tiga tahun.

Mengoptimalkan Sumber Daya yang Ada

Teknologi informasi lebih dari sekedar teknologi yang apik. Adanya tata kelola TI menuntut perusahaan menempatkan sumber daya dan infrastruktur yang tepat dan terbaik. Dengan penempatan orang dan prasarana yang tepat, keberhasilan tujuan bisnis akan tercapai.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Tata Kelola IT di Perusahaan

Meningkatkan Keamanan Informasi Perusahaan

Salah satu peran penting manajemen teknologi informasi adalah menentukan standar keamanan yang tinggi dalam pengelolaan data dan informasi perusahaan. Tata kelola TI melindungi data sensitif perusahaan, mencegah kemungkinan pelanggaran keamanan, dan memastikan kesiapan sistem informasi yang vital.

Baca juga:  Aplikasi Persuratan Online: Definisi, Manfaat, dan Pentingnya untuk Perusahaan

Dalam praktik ini, menggunakan COBIT sangatlah penting. COBIT membantu auditor, user, dan manajemen. Bagi auditor, COBIT mampu mengenali IT controls issues. Bagi user, COBIT mempersiapkan sistem aplikasi yang handal. Manajemen pun mampu menyusun rencana strategis dan mengambil keputusan terkait TI dan infrastruktur dengan COBIT.

Itu tadi kontribusi TI terhadap tata kelola perusahaan dan pentingnya penerapan COBIT dalam proses IT Governance. Apabila Anda ingin mengkonsultasikan lebih lanjut mengenai tata kelola IT yang tepat untuk perusahaan, hubungi inOffice. Sebagai perusahaan konsultan di bidang teknologi dan informasi, inOffice siap dengan dengan berbagai solusi kebutuhan teknologi dan data perusahaan.