Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Virtual?

2024-01-04T10:59:57+07:00 May 23rd, 2023|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.comDi era digital yang semakin canggih, pemahaman tentang tanda tangan virtual menjadi sangat penting, terutama jika Anda sering berurusan dengan dokumen digital. Apa sebenarnya tanda tangan digital dan bagaimana cara membuatnya?

Tanda tangan virtual, pada dasarnya, memiliki fungsi yang sama dengan tanda tangan konvensional. Perbedaannya, tanda tangan virtual bersifat digital, mengandung informasi elektronik yang terkait untuk tujuan autentikasi dan verifikasi. Ada beberapa cara praktis untuk membuat tanda tangan digital:

1. Membuat Tanda Tangan Virtual dengan Scanner

Cara paling sederhana adalah menggunakan scanner atau mesin pemindai. Langkah-langkahnya melibatkan:

  • Buat tanda tangan di selembar kertas putih.
  • Pindai kertas tersebut menggunakan scanner atau aplikasi di ponsel.
  • Simpan dalam format PNG atau JPG. Tanda tangan dapat diedit sesuai kebutuhan.
  • Untuk menggunakannya pada dokumen, cukup sisipkan gambar tanda tangan ke bagian yang diinginkan.

Baca juga: 5 Alasan Instansi Harus Beralih ke Tanda Tangan Elektronik

2. Membuat Tanda Tangan dengan Aplikasi TTE (Tanda Tangan Elektronik)

Saat ini, ada banyak penyedia jasa tanda tangan elektronik di Indonesia, baik dari instansi maupun sektor swasta. Tanda tangan yang dihasilkan oleh aplikasi ini memiliki kekuatan hukum setara dengan tanda tangan konvensional. Prosesnya aman dan minim risiko pemalsuan.

Contoh penyedia jasa tanda tangan elektronik antara lain Privy, SmallPdf, dan Odoo Sign. Pengguna hanya perlu mengikuti panduan yang tertera pada aplikasi untuk membuat tanda tangan digital.

3. Membuat Tanda Tangan Virtual Berbasis QR Code

Selain tanda tangan biasa, Anda juga dapat membuat tanda tangan digital berbasis QR code. Aplikasi seperti A-TTAP memungkinkan pembuatan tanda tangan digital dengan format QR code. Tanda tangan ini dapat digunakan untuk memverifikasi legalitas dan keaslian dokumen, memberikan tingkat keamanan tambahan.

Baca juga:  Aplikasi Flow Dokumen: Panduan Memilih Aplikasi Flow Dokumen yang Tepat

Baca juga: Tanda Tangan Mudah Secara Digital? Ini Tips-nya

Itulah beberapa hal penting terkait tanda tangan virtual yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk mengintegrasikan layanan tanda tangan digital yang terpercaya guna menjamin keaslian dokumen Anda di dunia digital yang dinamis ini.