Begini Cara Penerapan ISO/IEC 27001 Dalam Perusahaan

2024-03-18T14:53:23+07:00 March 3rd, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Penerapan ISO/IEC 27001 sangat penting demi menjaga keamanan data maupun informasi rahasia yang dimiliki oleh perusahaan. Karena itu, ini harus menjadi prioritas ketika menjalankan bisnis. Walaupun dalam penerapannya cukup sulit, namun harus tetap dilakukan demi mencegah kebocoran data penting perusahaan. 

Implementasi ISO/IEC 27001

ISO/IEC 27001 merupakan standar sistem manajemen keamanan informasi (ISMS) yang diterbitkan oleh badan standarisasi internasional, ISO. Di dalam ISO/IEC 27001, terdapat ratusan pertanyaan dan langkah penerapan ISMS. Secara umum, standar ini berisi panduan prosedur, kontrol, serta kebijakan dalam mengelola dan mengendalikan risiko keamanan data.

Agar semakin jelas, berikut implementasi ISO/IEC 27001 yang wajib Anda ketahui. 

1. Gap Analysis

Gap analysis merupakan tindakan yang dapat membantu perusahaan mengetahui penerapan aturan di dalam perusahaan. Dari hasil analisis, akan muncul gap sehingga dapat hal-hal yang belum tepat bisa dikoreksi. 

2. Kajian Risiko

Kajian harus dilakukan oleh perusahaan agar mengetahui berbagai risiko yang berpeluang mengancam aset-aset yang terkait dengan informasi. Setelah mendapatkan hasil kajian risiko, maka bisa dimanfaatkan untuk menentukan mitigasi yang tepat.

3. Penyusunan Dokumen

Perusahaan wajib membuat dokumen mengenai kegiatan mitigasi risiko, yakni yang berisi hasil dari kajiannya. Dokumentasi tersebut selanjutnya bisa terus diterapkan oleh perusahaan.

4. Implementasi

Tahapan berikutnya adalah pengimplementasian dokumen yang sudah disusun sebelumnya. Implementasi ini diperlukan agar seluruh gap yang telah teridentifikasi pada ta­hap awal dapat ditangani dengan benar.

5. Internal Audit

Langkah berikutnya, perusahaan wajib internal audit dengan cara melakukan internal assessment. Tahapan ini penting agar bisa diketahui sampai mana progres implementasi ISO/IEC 27001 sudah dilakukan. Bila ada kesalahan, tim yang bertanggung jawab harus segera menentukan tindakan perbaikannya. 

Baca juga:  UU PDP dan Hubungannya dengan Penerapan ISO 27001

6. Audit sertifikasi 

Demi mengetahui hasil penerapan ISO/IEC 27001, maka diperlukan audit sertifikasi. Audit dilakukan untuk mengetahui efektivitas standar serta kes­esuaiannya terhadap poin-poin persyaratan. Sebelum audit dilakukan, perusahaan wajib melakukan persiapan agar bisa menjalankan sistem dengan baik. 

Setelah mendapatkan sertifikasi, sebuah perusahaan wajib melakukan penerapan ISO/IEC 27001. Agar berhasil, implementasi ISO/IEC 27001 harus memiliki daya dukung yang cukup seperti ketersediaan sumber daya manusia dan teknologi. Karena itu, perlu ada kerja sama dari berbagai pihak di internal perusahaan. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut perihal ISO 27001 silakan hubungi kami.