Cara Efektif Menyelaraskan Strategi TI dan Proses Bisnis

2024-01-04T09:21:28+07:00 April 12th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com Menyelaraskan strategi TI dan proses bisnis sangat penting sebab bisa meningkatkan produktivitas, keuntungan, dan efisiensi dari suatu bisnis. Hal ini juga dapat membantu memastikan bahwa investasi TI yang diambil relevan dengan kebutuhan bisnis.

Tata kelola teknologi informasi yang baik dapat menjadi solusi tepat untuk menyelaraskan strategi TI dan proses bisnis. Karena itu, mari mengenal lebih jauh tentang tata kelola TI dan mengapa itu penting untuk dilakukan dalam bisnis.

Definisi Tata Kelola Teknologi Informasi

Tata kelola teknologi informasi adalah struktur pengelolaan yang dapat dipakai untuk menyelaraskan strategi bisnis dan teknologi informasi. Dengan adanya kerangka kerja formal ini, suatu perusahaan bisa dengan mudah mengukur cara terbaik dalam mencapai tujuannya. 

Ada dua hal yang menjadi fokus utama tata kelola teknologi informasi. Pertama, bagaimana TI dapat memberikan value bagi suatu bisnis. Selanjutnya, bagaimana penanganan risiko saat sistem tersebut telah dijalankan. 

Baca juga: Manfaat Membuat Rencana Strategis TI

Mengapa Tata Kelola Teknologi Informasi Penting bagi Perusahaan?

Solusi efektif dalam menyelaraskan strategi teknologi informasi dan proses bisnis

Tentunya, ada banyak sekali manfaat dari penerapan tata kelola TI atau IT governance yang baik. Beberapa di antaranya adalah tata kelola teknologi informasi bisa secara efektif menyelaraskan strategi TI dan proses bisnis. Pada akhirnya, itu bisa membantu meningkatkan kinerja bisnis di masa yang akan datang.

Mengantisipasi munculnya fraud atau berbagai tindak kecurangan

Selain itu, penerapan IT governance yang baik dapat membantu perusahaan mengantisipasi peluang munculnya fraud. Pasalnya, kebanyakan kasus fraud (tindak kecurangan atau ilegal) terjadi akibat lemahnya pengembangan TI. 

Baca juga:  Macam-Macam Surat yang Dikeluarkan oleh Notaris

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Rencana Strategis IT/TI yang Efektif?

Sebab itulah, tata kelola teknologi informasi yang baik perlu diterapkan dalam menyelaraskan strategi TI dan proses bisnis. Agar hasilnya lebih efektif, sistem informasi yang dibangun juga harus selaras dengan visi perusahaan. Metode paling efektif untuk melakukannya adalah dengan membuat IT Master Plan.

Baca juga: Apa Itu Rencana Strategis TI (RSTI)? Apa Manfaatnya bagi Perusahaan?

IT Master Plan adalah kerangka kerja jangka panjang dalam pengembangan suatu sistem informasi. Perencanaan tersebut nantinya dapat digunakan untuk mendukung visi dan misi suatu perusahaan. Hal ini karena Master Plan IT berisi aturan dan pedoman lengkap tentang keseluruhan infrastruktur teknologi.