Manfaat Membuat Rencana Strategis TI

2024-01-04T09:23:18+07:00 February 27th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , |

integrasolusi.com – Apapun yang dilakukan tanpa rencana tidak akan bisa berjalan mulus. Begitu juga dengan IT. Anda perlu membuat rencana strategis TI atau RSTI. Apa yang dimaksud dengan rencana strategis IT? Apa manfaat membuat rencana strategis TI?

Baca juga: Apa Itu Rencana Strategis TI (RSTI)? Apa Manfaatnya Bagi Perusahaan

RSTI atau yang kadang disebut sebagai strategi teknologi informasi dan komunikasi adalah rencana tindakan yang berfokus pada pembuatan rencana teknologi yang dibangun dengan IT blue print. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan efisiensi, nilai dan hasil. Dengan begitu hasil yang diperoleh oleh sebuah bisnis, sebanding dengan besaran investasi yang sudah mereka tanamkan untuk implementasi IT itu sendiri.

Manfaat Rencana Strategis TI atau IT

Menciptakan Tujuan yang Lebih Jelas Serta Cara untuk Mencapainya

Seperti peta jalan, strategi TI biasanya sejalan dengan strategi bisnis secara menyeluruh. Karena CTO dan manajer IT mewakili bisnis serta departemen IT, sangat penting memastikan keduanya bekerja sama secara bersamaan. Sinergi dan pemahaman yang selaras antara staf IT dengan semua staf akan membantu proses bisnis berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Memungkinkan Delegasi dalam Pengambilan Keputusan

Manajer seringkali merasa sulit mendelegasikan pengambilan keputusan karena berbagai alasan. Misalnya karena informasi yang kurang lengkap, lingkungan yang tidak mendukung atau komunikasi yang tidak efektif.

Adanya rencana strategis akan mengatasi masalah tersebut dan secara lebih lanjut akan membantu mengkomunikasikan pemikiran Anda kepada manajer. Ini akan membuat mereka secara lebih leluasa mampu mendelegasikan tugas untuk mengambil keputusan kepada staf.

Baca juga:  Bagaimana Aplikasi Dokumen Manajemen Bisa Mendukung Standarisasi ISO?

Membantu Mengidentifikasi dan Mengoreksi Masalah dengan Cepat

Setelah Anda membuat rencana strategis yang mengidentifikasi tugas masing-masing staf, Anda akan lebih mudah menemukan di mana letak masalah potensial serta bagaimana cara memperbaikinya. Misalnya jika perusahaan akan melakukan audit dalam waktu dekat, penting untuk memastikan bahwa staf tersedia pada waktu tersebut untuk bisa melakukan tugas penting ini.

Memudahkan Berbagai Proses Kerja

Beberapa manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari RSTI adalah membantu menghindari redudansi pengadaan teknologi. Misalnya dengan tidak membeli beberapa jenis perangkat lunak yang bisa menyelesaikan tugas yang sama.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Rencana Strategis IT/TI yang Efektif?

 

RSTI juga bisa membantu menyelaraskan metode komunikasi untuk menghindari kebingungan karena karyawan menggunakan beberapa media yang berbeda misalnya email, Messenger, WhatsApp atau VoIP.

Itulah beberapa manfaat membuat rencana strategis TI untuk bisnis Anda. Dengan strategi yang jelas dan matang, semua tujuan perusahaan akan lebih mudah tercapai. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut perihal rencana strategis TI silakan hubungi kami.