Cara Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi yang Baik

2023-08-29T15:33:20+07:00 August 11th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Tata kelola teknologi informasi adalah rangkaian aturan, peraturan, serta kebijakan yang memastikan operasi bagian TI yang terkontrol, berharga, dan efektif. Dengan melakukan implementasi tata kelola teknologi informasi, perusahaan dapat mencapai tujuan dan sasarannya. Di sini ada penjelasan lengkap tentang implementasinya.

Cara Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi

Dibutuhkan kerja sama antara manajer teknologi informasi dan orang-orang yang berkepentingan di perusahaan (stakeholders) untuk mengimplementasikan tata kelola TI di perusahaan. Para manajer teknologi informasi itu dapat membantu dalam membuat keputusan yang terinformasi.

Berikut ini adalah cara mengimplementasikan tata kelola TI:

  • Agar implementasi berjalan dengan sukses, hal yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa kekurangan dan memahami kebutuhan perusahaan. Berbagai kebutuhan spesifik yang perlu dipertimbangkan untuk memilih model yang sesuai perlindungan data, hardware, compliance, dan lainnya.
  • Selanjutnya, lakukan identifikasi terhadap kebutuhan pelanggan, sasaran bisnis, dan KPI. Dalam memenuhi tujuan itu, diperlukan pemahaman mendalam mengenai sistem saat ini beserta kelemahannya. Lihatlah investasi yang dibutuhkan supaya perusahaan bisa menerapkan tata kelola teknologi informasi.
  • Langkah terakhir yaitu melihat persyaratan kepatuhan. Kepatuhan teknologi informasi menyertakan evaluasi serta pemantauan prosedur dan kebijakan. Keterlibatan semua pekerja dari berbagai level dan eksekutif TI yang proaktif diperlukan untuk mengevaluasi kesuksesan kebijakan yang diimplementasi.
Baca juga:  Apa Saja Ruang Lingkup dalam Tata Kelola IT?

Pentingnya Implementasi Tata Kelola TI untuk Bisnis

Tidak hanya perusahaan besar, usaha-usaha kecil pun ikut bergantung dengan IT governance. Banyak perusahaan kecil yang tidak yakin akan implementasi tata kelola TI karena biayanya yang besar, tetapi investasi tersebut dapat menuai manfaat finansial dalam jangka panjang.

Implementasi tata kelola ini dapat mengatasi masalah keamanan siber yang menjadi permasalahan untuk perusahaan. Keuntungan lainnya untuk perusahaan kecil yaitu dapat membantu mengevaluasi ROI.

Di samping itu, implementasinya juga dapat membantu perusahaan dalam memanfaatkan struktur TI yang sudah ada dengan efisien untuk mendukung tujuan perusahaan. Jadi, baik itu perusahaan kecil atau besar perlu mengimplementasikan tata kelola TI.

Baca juga:  Ini Dia Perbedaan Tata Kelola IT dan Manajemen IT

Penutup

Implementasi tata kelola teknologi informasi yang bermanfaat membuatnya tidak boleh dilewatkan oleh perusahaan. Keberadaan tata kelola TI di perusahaan dapat membantu pemimpin perusahaan dalam tanggung jawab mereka untuk memastikan TI selaras serta sukses mendukung misi dan tujuan perusahaan.

 

 

Referensi:
https://www.electric.ai/blog/how-to-implement-it-governance