Cara Mengatur Dokumen yang Baik Dalam Aplikasi Dokumen Manajemen

2023-09-13T14:56:55+07:00 September 15th, 2023|Categories: Document Management System|Tags: |

integrasolusi.com – Dalam sebuah perusahaan yang dinamis dan inovatif, manajemen dokumen sangatlah penting untuk menjaga ketertiban, produktivitas, dan kolaborasi antar tim. Selain itu pengaturan dokumen yang baik juga membantu agar dokumen dapat ditemukan secara cepat saat dibutuhkan. Berikut beberapa cara mengatur dokumen dengan baik:

Buat Folder Khusus untuk Menyimpan Dokumen

Dalam mengatur dokumen sistem, Anda perlu menyimpan dokumen dalam sebuah folder khusus. Hal ini penting untuk dilakukan agar dokumen terorganisasi dengan baik, lebih mudah diidentifikasi dan diakses, serta mencegah terjadinya kegagalan sistem.

Beri Nama Folder sesuai Kategori Dokumen

Cara mengatur dokumen dalam sistem manajemen dokumen, perlu dibuat folder-folder dengan nama yang sesuai dengan kategori dokumen. Hal ini akan memudahkan Anda dan tim saat membutuhkan dokumen.

Baca juga:  Mengelola Dokumen Jadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi Dokumen Manajemen

Simpan Dokumen dalam Format yang Mudah Dibaca

Dalam menyimpan dokumen sistem, sebaiknya dokumen disimpan dalam format yang mudah dibaca. Hal ini dapat memberikan banyak manfaat, antara lain: 

  1. Memudahkan kolaborasi: dokumen dengan format yang mudah dibaca semua pihak dapat melancarkan kolaborasi dan mengurangi risiko kesalahpahaman.
  2. Aksesibilitas: format yang mudah dibaca juga memudahkan sistem atau perangkat dalam membaca dan menampilkan dokumen.
  3. Memudahkan pertukaran informasi yang lancar dan pemahaman yang cepat.

Buat Indeks Dokumen

Dalam manajemen dokumen, hal yang tidak kalah penting yaitu membuat indeks dokumen. Indeks dokumen sangat dibutuhkan terutama untuk instansi atau perusahaan yang memiliki banyak dokumen besar dan kompleks. Indeks dokumen dapat membantu memudahkan pencarian, meningkatkan efisiensi waktu, serta meningkatkan ketertiban dan kelancaran kerja.

Baca juga:  Ini Alasan Kenapa Manajemen Dokumen yang Konvensional Perlu Diganti

Lakukan Backup Dokumen secara Berkala

Hal yang tidak kalah penting dalam mengatur dokumen sistem yaitu melakukan backup secara berkala. Hal ini sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi kehilangan atau kerusakan data utama tanpa memiliki cadangannya.

Secara keseluruhan sistem manajemen dokumen yang bagus akan membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta memudahkan kolaborasi dan pemeliharaan. Semoga bermanfaat.