Penggunaan tanda tangan QR Code saat ini kerap sekali kita jumpai, tidak terkecuali pada dokumen resmi. Meskipun pada dokumen resmi keaslian dokumen menjadi concern, akan tetapi penggunaan tanda tangan jenis ini tidak menjadi masalah.

Lalu, bagaimana jika tanda tangan QR Code diterapkan pada aplikasi persuratan digital? Bagaimana keunggulannya? Simak penjelasan di bawah ini.

 

Pengertian Tanda Tangan QR Code

Tanda tangan QR Code atau kerap disebut barcode adalah suatu bentuk tanda tangan dalam bentuk titik-titik hitam dan spasi putih yang disusun dalam bentuk kotak, dan setiap elemennya memiliki makna tersendiri yang jika di-scan di dalamnya mengandung beragam informasi seperti identitas penandatangan untuk digunakan menjaga integritas dan keaslian suatu dokumen.

 

Keunggulan Tanda Tangan QR Code

Ada beberapa keunggulan tanda tangan QR Code. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut:

1. Tidak mudah dipalsukan

Integritas dokumen terjaga karena informasi yang terkandung dalam dokumen surat tidak mudah dipalsukan karena di dalam tanda tangan QR Code informasi-informasi penting dapat dimasukkan seperti: nama penandatangan, nomer surat, divisi dll. Informasi ini tentu saja bisa dibuat validasi tentang keabsahan suatu dokumen.

2. Tanda tangan dalam bentuk QR Code

Tanda tangan QR Code memungkinkan dalam proses pembubuhan tanda tangan dilakukan bersama-sama dengan pembuatan dokumen surat tanpa perlu print dokumen dahulu lalu membubuhkan tanda tangan basah.

3. Memudahkan dalam proses validasi surat

Dengan tanda tangan QR Code, validasi keaslian surat dapat diperiksa dengan cara scan QR Code yang terdapat dalam dokumen surat.

 

Tanda Tangan QR Code pada Aplikasi E Office Persuratan

Penggunaan aplikasi surat-menyurat sekarang ini banyak dilakukan baik di instansi pemerintahan, swasta, maupun universitas. Penggunaan tanda tangan QR Code tuntu saja semakin menyempurnakan manfaat dari aplikasi ini. Dengan menggunakan tanda tangan QR Code pembuat surat tidak perlu melakukan penandatanganan surat secara manual.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi e office persuratan proses pembubuhan tanda tangan QR Code akan secara otomatis dilakukan oleh sistem tanpa perlu pembubuhan tanda tangan QR Code secara manual. Proses pembubuhan tanda tangan otomatis ini tentu saja sangat membantu mempercepat proses surat-menyurat.

 

Demikian penjelasan mengenai keunggulan tanda tangan QR Code pada aplikasi surat-menyurat. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut silakan klik tombol whatsapp yang ada di pojok kanan bawah halaman ini. Terima kasih.