Manfaat dan Kegunaan OCR yang Mempermudah Manajemen Dokumen & Arsip

2023-05-23T13:47:39+07:00 January 17th, 2023|Categories: OCR|Tags: , |

integrasolusi.com – Pengelolaan arsip dalam bentuk fisik sangat menyulitkan. Prosesnya tidak hanya sangat melelahkan tetapi juga memerlukan sumber daya dalam jumlah banyak. Apalagi, kalau Anda mempunyai arsip yang jumlahnya sangat banyak. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengetahui kegunaan OCR atau Optical Character Recognition. 

Apa Itu OCR

OCR merupakan teknologi canggih yang dapat membantu dalam proses transformasi dari metode pengarsipan secara konvensional ke digitalisasi arsip. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk melakukan konversi gambar ke teks. 

Jadi, Anda bisa mengubah arsip dan dokumen fisik dengan cara memotretnya dan melakukan konversi menjadi teks dengan aplikasi OCR atau pengenal karakter optik. Hasil konversi gambar bisa Anda simpan dalam berbagai format dokumen. 

Baca juga: Mengenal OCR, Sistem Andal Pemindai Teks untuk Pengarsipan Dokumen Anda

Manfaat dan Kegunaan OCR dalam Manajemen Arsip

Keberadaan teknologi pengenal karakter optik memberikan banyak manfaat serta kegunaan, khususnya dalam upaya manajemen arsip. 

  • Manfaat OCR

Terdapat dua manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan teknologi OCR, yaitu: 

  • Memudahkan proses pencarian teks dan dokumen. Anda bisa mengubah dokumen fisik dalam bentuk apapun menjadi berupa berkas digital. Lewat proses digitalisasi dokumen ini, Anda mendapatkan manfaat berupa kemudahan dalam melakukan pencarian teks atau dokumen cukup dengan menggunakan kata kunci tertentu. 
  • Efisiensi sumber daya. Setiap dokumen serta arsip sudah Anda ubah dalam bentuk digital. Jadi, Anda tidak perlu lagi mempersiapkan ruangan secara khusus untuk penyimpanan arsip. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan ruangan tersebut untuk keperluan lain yang lebih penting dan mendesak. 
Baca juga:  Teknologi OCR dan Fungsinya dalam Arsip Dokumen Perusahaan

Kegunaan OCR

Pemakaian teknologi OCR sangat penting bagi setiap pelaku bisnis ataupun instansi pemerintah. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut: 

  • Industri perbankan. Teknologi pengenal karakter optik membantu lembaga perbankan dalam melakukan pemrosesan serta verifikasi dokumen. Proses verifikasi dalam dunia perbankan sangat penting, bertujuan untuk mencegah praktik penipuan dan sekaligus meningkatkan keamanan dalam bertransaksi.
  • Logistik. Para pelaku industri logistik bisa memperoleh manfaat OCR dalam meningkatkan efisiensi pelacakan. Teknologi ini bisa membantu dalam melacak kuitansi, tagihan, label kemasan, dan lain sebagainya. 

Secara keseluruhan, kegunaan OCR sangat diperlukan oleh hampir setiap sektor industri, termasuk lembaga pemerintahan. Pemanfaatannya dapat menyederhanakan alur kerja dan sekaligus meminimalkan pekerjaan manual yang memakan banyak waktu. Yuk, segera manfaatkan teknologi OCR untuk sistem pengarsipan yang lebih modern!