Mengenal OCR, Sistem Andal Pemindai Teks untuk Pengarsipan Dokumen Anda

2023-05-23T14:26:23+07:00 December 6th, 2022|Categories: OCR|Tags: , |

integrasolusi.com – OCR adalah teknologi yang membantu aktivitas pengarsipan dokumen, terutama untuk kebutuhan perusahaan dan bisnis. Jika Anda kesulitan mencari file hasil scan menggunakan kata kunci pada dokumen tersebut, maka tak perlu pusing lagi sebab ada OCR. Teknologi ini akan membantu menemukan file itu dengan cepat, sekalipun Anda lupa nama file tersebut.

Pengertian OCR

Optical Character Recognition alias OCR atau Pengenalan Karakter Optik adalah teknologi untuk melakukan ekstraksi teks dari gambar (format GIF, JPG, PNG, TIFF) maupun PDF. Dengan menggunakan inovasi ini, sistem dapat membaca konten pada gambar dan PDF. Anda pun dapat lebih mudah mencari dokumen hanya dengan memasukkan kata kunci yang ada pada konten dokumen tersebut alih-alih mencari sesuai judul file

 

Baca juga: Teknologi OCR dan Fungsinya dalam Arsip Dokumen Perusahaan

 

Cara Kerja OCR

Aplikasi pembaca gambar ini memiliki proses kerja yang cukup panjang, tetapi dapat dilakukan dalam waktu singkat, bahkan hanya dalam hitungan detik. Karena itu, user pun tak perlu khawatir menunggu lama saat aplikasi OCR bekerja memindai teks. Selengkapnya, berikut adalah cara kerja sistem Optical Character Recognition. 

  1. Line and word finding, yakni sistem akan mencari dan menentukan kemiringan sebuah teks dan membuat garis batas dari object teks tersebut. 
  2. Word recognition, yakni sistem mengidentifikasi kata-kata agar dapat dikategorikan ke dalam karakter terpisah.
  3. Static character classifier, yakni sistem mengidentifikasi tiap huruf menggunakan machine learning.
  4. Linguistic analysis, yakni aktivitas update terus-menerus sehingga perbendaharaan kata sistem terus meningkat.

 

Algoritma OCR 

Sistem pemindai teks ini mempunyai dua algoritma dasar, yakni pattern recognition dan feature detection. Pattern recognition akan membuat scanner dengan sistem OCR memberi hasil yang akurat sesuai dokumen asli. Sementara itu, feature detection digunakan untuk mengidentifikasi karakter yang lebih spesifik, seperti garis yang lurus, melengkung, dan sebagainya.

Baca juga:  Manfaat dan Kegunaan OCR yang Mempermudah Manajemen Dokumen & Arsip

 

Baca juga: OCR: Aplikasi Pembaca Gambar Wajib untuk Kantor

 

Manfaat Menggunakan Teknologi OCR

Kemampuan OCR dalam ubah foto jadi tulisan khususnya memudahkan aktivitas Anda dalam pencarian arsip dokumen. Selain itu, saat harus menulis kembali isi konten dalam format gambar, Anda tak perlu melakukannya secara manual. OCR akan melakukan proses ubah foto jadi teks sehingga Anda pun tinggal meng-copy paste teks tersebut. Dengan begini, kerja menjadi lebih efisien, bukan?

 

integraOffice menawarkan layanan OCR untuk membantu aktivitas dokumentasi dan arsip bisnis Anda agar jadi lebih efisien. Membaca isi pada gambar jadi lebih mudah, pekerjaan lebih cepat selesai, dan Anda pun bisa fokus melakukan aktivitas strategis lainnya.