Mengenal Bentuk E-Surat dan Urgensinya untuk Bisnismu

2023-05-23T11:48:16+07:00 September 7th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Belakangan ini, banyak pihak menggunakan surat elektronik, disebut juga surel, untuk menyampaikan pesan tertulis secara formal. Pihak yang memakai surat jenis ini tidak hanya perorangan, tetapi juga lembaga, organisasi, instansi pemerintah, serta perusahaan. 

Lalu, seperti apa saja bentuk surat yang bisa diterapkan dan apakah e surat penting untuk bisnis? Berikut ini pembahasan selengkapnya.

Macam-Macam Bentuk Surat Konvensional dan Surel

Sebenarnya, surat konvensional dan surel memiliki jenis yang sama. Perbedaan kedua surat tersebut terletak pada bentuknya. Surat konvensional berbentuk fisik, sedangkan  surel dibuat secara digital tanpa kertas maupun tinta.

Nah, sebagai referensi, berikut ini macam-macam bentuk surat yang kerap digunakan untuk kepentingan formal.

  • Surat biasa

Berdasarkan isinya, surat biasa terdiri dari: surat pribadi, resmi, dinas, niaga, dan lamaran kerja. 

  • Warkat pos

Warkat pos merupakan kertas yang didesain khusus untuk dilipat menjadi sampul dan bersifat rahasia.

  • Kartu pos

Kartu pos merupakan kertas tebal berukuran 20 x 30 cm yang berisi format untuk menulis sebuah pesan singkat. 

  • Memorandum 

Memorandum atau memo biasanya digunakan untuk mengirim pesan di internal perusahaan, semisal dari direktur kepada karyawan.

  • Telegram

Telegram digunakan untuk mengirim pesan jarak jauh memakai alat yang disebut telegraf. Namun, telegram tidak lagi digunakan setelah muncul layanan Email dan aplikasi pesan singkat.

 

Baca juga: Manfaat Aplikasi E Office Bagi Kelancaran Bisnis

 

Pentingnya Surel untuk Bisnis

Keberlangsungan bisnis ditentukan oleh efektivitas dan efisiensi kinerja dalam perusahaan, terutama di bidang administrasi. Salah satu tugas bidang ini adalah menangani pembuatan dan pengarsipan surat. Jika masih menggunakan surat konvensional, tentu membutuhkan tempat penyimpanan yang besar.

Baca juga:  Persuratan Elektronik: Aplikasi yang Wajib Dimiliki untuk Memudahkan Proses Surat-menyurat

Tidak hanya itu, perusahaan juga harus menyediakan banyak kertas dan tinta untuk mencetak surat konvensional. Masalah lain bisa muncul kalau surat tersebut mendadak rusak, terselip, bahkan hilang.  

Oleh karenanya, perusahaan yang sedang berkembang harus mulai menggunakan surel untuk korespondensi dengan customer maupun mitra. Selain menghemat ruang dan bahan baku, pengiriman surel membutuhkan waktu hanya beberapa detik melalui Email atau aplikasi pesan singkat. 

 

E-Surat inOffice Persuratan

Salah satu aplikasi persuratan yang disarankan untuk bisnis adalah integraOffice. Aplikasi ini memudahkan pengguna dalam membuat berbagai jenis surat dengan fitur template. Di samping itu, semua surat disimpan dalam server yang dilengkapi fitur backup sehingga dokumen lebih aman.

 

Itulah macam-macam bentuk e-surat yang cocok digunakan untuk bisnis masa kini. Tertarik mencoba? Yuk, gunakan aplikasi inOffice Persuratan sekarang!