Pahami Hubungan Cyber Crime dengan Penerapan ISO 27001

2024-01-04T09:34:32+07:00 February 10th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Dilansir dari laman Kominfo, Indonesia menjadi salah satu negara dengan kasus cyber crime tertinggi di dunia. Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Syafruddin, menyatakan bahwa Indonesia memperoleh total serangan siber sebanyak 90 juta pada 2016. Jumlah ini menjadi terbanyak kedua setelah Jepang.

Fakta tersebut menunjukkan pentingnya penanganan kejahatan siber menggunakan ISO 27001. Apa hubungan keduanya? Cek penjelasan berikut.

Apa Itu Cyber Crime?

Cyber crime adalah aktivitas ilegal yang dilakukan di internet dan berdampak ke berbagai sektor. Bentuk kejahatan ini sangat beragam, mulai dari spam, penipuan kartu kredit, phising, serangan ransomware, hingga peretasan surel dan situs web.

Kebanyakan pelaku serangan siber adalah kriminal dan peretas yang ingin mendapatkan banyak uang dari tindakannya. Tak heran, dampak dari serangan siber sangatlah besar.

Menurut laporan yang dipublikasikan oleh McAfee pada 2018, ekonomi global merugi sebesar 600 miliar dolar AS setiap tahun akibat serangan siber. Selain kerugian finansial, banyak bisnis yang menerima konsekuensi lain. Misalnya, kehilangan pelanggan setia, meningkatnya jumlah utang, kehilangan reputasi, dan kehilangan investor.

 

Hubungan Cyber Crime dengan Penerapan ISO 27001

Kejahatan dunia maya yang meningkat secara signifikan tidak bisa diabaikan. Setiap organisasi, terutama organisasi yang menjadikan proteksi data sebagai aset strategis, harus tahu cara menghadapi serangan siber.

 Salah satu cara untuk menangani dan mengurangi risiko serangan siber adalah dengan mengimplementasikan ISO/IEC 27001. ISO 27001 merupakan kerangka kerja manajemen keamanan informasi internasional.

ISO/IEC 27001 memiliki 114 langkah pengukuran keamanan. Dengan jumlah tahap sebanyak itu, tentunya setiap organisasi bisa terbantu dalam menilai risiko keamanan apa pun, termasuk serangan siber yang meresahkan.

Baca juga:  Apa Saja Ruang Lingkup dalam Tata Kelola IT?

Pada 2022, ISO/IEC 27001 masih menjadi salah satu pedoman keamanan siber terampuh untuk menjamin integritas, ketersediaan, dan kerahasiaan data pengguna.

Hubungan cyber crime dengan ISO 27001 ternyata sangatlah erat. Jika ingin mengamankan informasi organisasi dari kejahatan ini, Anda bisa meminta dukungan dari IT Audit Services milik integraOffice. Cari tahu selengkapnya dengan menghubungi kami.