integrasolusi.com – Penerapan teknologi saat ini sangat gencar dilakukan di berbagai bidang. Salah satu bidang yang gencar melakukan transformasi digital adalah sektor pemerintahan. Bentuk penerapan teknologi di sektor pemerintahana adalah dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Nah, mengapa SPBE itu penting di sektor pemerintahan? Dan apa salah satu contoh penerepan SPBE? Simak penjelasan berikut.

 

Penerapan SPBE sebagai Salah Satu Indikator Penilaian Kinerja

Penerapan SPBE di sektor pemerintahan merupakan salah satu indikator penilaian kinerja. Hal tersebut tentu saja dikarenakan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif untuk mewujudkan tata Kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya serta meningkatkan keterpaduan dan efisiensi.

Ada 4 domain penilainan yang diterapkan dalam SPBE yang masing-masing mempunyai aspek dan bobot penilainnya masing-masing

  1. kebijakan internal SPBE dengan bobot 13%
  2. tata kelola SPBE dengan bobot 10%
  3. manajemen SPBE dengan bobot 16.50%
  4. layanan SPBE.dengan bobot 45.50%.

Dari 4 domain di atas, dipecah lagi menjadi 47 indikator yang masing-masing indilkator mempunyai parameter masing-masing. Layanan SPBE menjadi domain dengan bobot tertinggi yaitu 45.50% yang salah satu indikatornya adalah “Tingkat Kematangan Layanan Kearsipan Berbasis Elektronik” yang mana dalam birokrasi pemerintahan proses pengarsipan dokumen atau surat menjadi suatu hal yang sangat penting karena dokumen atau surat merupakan alat komunikasi resmi yang perlu untuk disimpan atau diarsipkan dengan baik.

 

E Office Persuratan untuk Mendukung Penerapan SPBE

E Office Persuratan merupakan suatu aplikasi untuk mengelola surat-menyurat pada suatu instansi. Dengan menggunakan aplikasi ini proses pengiriman surat, pendisposisian surat, pelacakan surat dapat dilakukan dengan cepat.

Selain itu, dengan telah adanya e office persuratan versi mobile (Android dan iOS) memungkinkan pengguna untuk mengakses surat dari mana pun dan kapan pun.tanpa terkendala ruang dan waktu.

Hal tersebut sangat mendukung dengan prinsip dasar penerapan SPBE yaitu komunikasi efektif untuk tata Kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya serta meningkatkan keterpaduan dan efisiensi.

 

Demikian penjelasan mengenai penggunaan e-office persuratan untuk meningkatakan penilaian kinerja pada pemerintahan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang aplikasi surat-menyurat ini silakan klik tombol WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah halaman ini. Terima kasih.