Dalam kehidupan berorganisasi pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya konflik ya sobat office, tergantung bagaimana didalam organisasi niscaya akan mempertemukan kita dengan berbagai macam karakter orang, dimana setiap manusia memiliki karakter dan ciri khas nya masing-masing. Terjadinya suatu konflik tidak bisa kita artikan sebagai sesuatu yang buruk saja, bahkan ada sebagian pihak yang beranggapan bahwa adanya konflik menunjukan organisasi tersebut  hidup, dan konflik tetap harus diciptakan sebagai sarana untuk membuat tim sehat. Namun yang menjadi pertanyaan pentingnya adalah bagaimana cara kita dalam menghadapi dan menyikapi konflik tersebut.

Konflik bisa memiliki dampak besar, salah satunya bahaya bagi kelangsungan organisasi apabila cara kita menyikapi konflik tersebut kurang tepat. Tapi sebaliknya jika kita mampu me manage konflik dengan baik justru konflik akan menjadi happy ending dan mejadikan tim semakin solid. Maka disinilah kita paham pentingnya ilmu dalam menyikapi konflik yang terjadi dalam organisasi. konflik sendiri bisa terjadi karena ada dua faktor, yaitu faktor organisasi dan faktor dari manusianya sendiri. Beberapa pemicu konflik yang disebabkan oleh faktor organisasi antara lain seperti :

  1. Adanya perbedaan tujuan antar tim

Merupakan hal yang sangat sering terjadi dalam tim, karena setiap tim memiliki tujuan dan target yang bebeda. Maka disinilah kita dituntut untuk saling memahami dan mengambil jalan tengah yang terbaik.

  1. Persaingan dalam menggunakan sumberdaya

Ada keterbatasan sumberdaya atau fassilitas yang dimiliki organisasi, bisa juga menjadi pemicu konflik. Dimana satu sama lain sama-sama ingin menggunakan sumberdaya atau fasilitas tersebut.

  1. Miskomunikasi

Masalah komunikasi juga kerap menjadi sumber masalah yang paling sering ada. Adanya kesalahpahaman dalam memahami tujuan,target, dan cara kerja. Menjadikan beberapa konflik bisa terjadi, oleh karena itu masalah komunikasi harus benar-benar diperhatikan agar semua pesan bisa dipahami dengan baik.

 

Selain dipicu oleh  faktor organisasi, tidak jarang juga konflik dipicu oleh faktor manusianya itu sendiri atau faktor personal dari orang tersebut. Berikut beberapa contoh masalah yang sering terjadi pada umumnya misalnya:

  1. Tidak cocok dengan rekan satu timnya

Ketidaksukaan seseorang dengan anggota tim lainnya, atau bahkan dengan atasannya bisa menjadi konflik tersendiri karena pasti akan mempengaruhi kinerja. Masalah ini harus dicari tahu apa penyebabnya agar tidak berlarut-larut.

  1. Tidak Senang dengan peraturan organisasi yang Kaku

Tidak jarang juga konflik terjadi karena beberapa dari orangnya tidak nyaman dengan peraturan yang ada. Hal ini juga harus dicari jalan tengahnya agar tidak menghambat komunikasi dan kinerja organisasi

  1. Kepribadian Individu

Melihat karakter dan kepribadian individu yang pasti berbeda, menjadikan seseorang harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Ini adalah hal yang wajar terjadi, namun cara bersikap kita yang akan menentukan apakah kita disenangi atau tidak oleh orang-orang yang lain.

  1. Semangat dan Ambisi

Semangat dan ambisi dalam mencapai target merupakan hal yang bagus, namun harus diperhatikan juga peraturan yang berlaku agar tidak terjadi saling sikut satu sama lainnya.

 

Masalah-masalah tersebut harus di manage dengan baik agar tidak berlarut larut. Masalah yang tidak disikapi dengan baik bisa jadi akan memicu lahirnya masalah baru yang pastinya akan merugikan tim dan organisasi.