Pentingnya Manfaat DMS atau Document Management System untuk Perusahaan

2023-05-26T10:55:56+07:00 June 9th, 2023|Categories: Document Management System|Tags: , |

integrasolusi.com – Pengelolaan dokumen menjadi aspek penting yang harus menjadi perhatian serius setiap perusahaan. Alih-alih melakukan pengelolaan secara manual, Anda bisa memperoleh banyak manfaat DMS atau document management system dalam mendukung operasional bisnis perusahaan.

 

Baca juga: Menyimpan Dokumen Kantor, Lebih Praktis dengan DMS (Document Management System)

 

DMS berguna layaknya sebagai tempat pengelolaan arsip yang modern. Kalau dulu Anda menggunakan dokumen arsip secara fisik, maka sekarang adalah saatnya beralih ke DMS. Fungsi DMS (dokumen manajemen sistem) sangat efektif dalam melakukan pengelolaan arsip. 

Manfaat DMS Bagi Perusahaan

Dengan DMS, Anda bisa melakukan penyimpanan, mengelola, menggunakan, melacak, ataupun membagikan dokumen secara lebih praktis. Anda pun mendapat beragam manfaat berkat implementasinya, antara lain adalah:

1. Menghemat Anggaran

Fungsi DMS atau dokumen manajemen sistem adalah menyimpan dan mengelola dokumen secara digital. Oleh karenanya, Anda dapat menghemat anggaran untuk pembelian kertas ataupun tinta untuk pencetakan dokumen. 

2. Meningkatkan Workflow

Implementasi DMS dapat pula meningkatkan efisiensi workflow para karyawan. Sebagai contoh, Anda dapat mengelola akses kontrol, histori pengeditan dokumen, ataupun data logging. 

3. Mendukung Kolaborasi

Kolaborasi dapat pula Anda terapkan berkat implementasi DMS. Manfaat DMS ini bakal sangat terasa, ketika Anda mempunyai banyak karyawan yang bekerja secara remote.

5. Memudahkan Pencarian

Setiap dokumen yang tersimpan dalam DMS terindeks dengan baik dengan disertai metadata. Fitur ini memungkinkan Anda dalam melakukan pencarian secara praktis dan mudah. 

6. Mengurangi Ruang Penyimpanan

Anda tak perlu lagi menyiapkan ruang secara khusus untuk keperluan ruang arsip. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan penyimpanan dokumen digital dengan layanan penyimpanan berbasis awan. 

Baca juga:  Migrasi Data yang Baik: Kunci Sukses Implementasi DMS

7. Tingkat Keamanan yang Lebih Baik

Terakhir, Anda bisa memperoleh manfaat DMS dari segi keamanannya. DMS mempunyai tingkat keamanan canggih yang penting dalam mencegah terjadinya serangan siber. Ditambah lagi, DMS juga telah dilengkapi fitur disaster recovery. Fitur ini berguna untuk menghindari adanya kehilangan dokumen penting ketika terjadi bencana. 

 

Baca juga: Instansi Wajib Tahu! Keuntungan Kelola Dokumen Secara Digital

 

Nah, sekarang Anda tahu fungsi DMS beserta manfaatnya yang dapat membantu pengelolaan dokumen penting kantor. Penggunaannya membuat perusahaan dapat lebih berfokus dalam operasional bisnis yang efektif dan efisien. 

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, Anda dapat memanfaatkan solusi DMS dari PT Integra Teknologi Solusi. Kami menyediakan solusi terbaik untuk kebutuhan sistem manajemen dokumen yang modern dan canggih.