Perencanaan dan Implementasi ISO 27001

2024-01-04T09:33:15+07:00 February 26th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Bagi sebuah perusahaan, terutama yang bekerja dengan menggunakan teknologi, perencanaan sistem manajemen keamanan informasi adalah hal yang sangat penting. Karena itulah, implementasi ISO 27001 menjadi sesuatu yang wajib dilakukan. ISO 27001 sendiri merupakan standar sistem manajemen keamanan Informasi yang disusun oleh International Organization for Standardization.

Baca juga: Tahapan Dalam Menerapkan ISO 27001

Perencanaan sistem manajemen keamanan informasi ISO 27001 dan implementasinya dilakukan dalam beberapa langkah. Simak penjelasannya berikut ini!

Langkah-Langkah Perencanaan dan Implementasi ISO 27001

Membentuk Tim Implementasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menunjuk pimpinan proyek untuk mengawasi penerapan ISMS (Information Security Management System). Orang tersebut wajib memiliki pengetahuan menyeluruh tentang keamanan informasi serta wewenang memimpin tim dan memberi perintah kepada manajer (yang departemennya perlu untuk ditinjau).

Menyusun Rencana Implementasi

Tim implementasi akan menggunakan mandate proyek mereka untuk membuat garis besar yang lebih rinci. Ini mencakup tujuan, rencana serta daftar risiko keamanan informasi mereka.

Memulai ISMS

Dengan rencana yang ada, Anda bisa menentukan metodologi peningkatan berkelanjutan mana yang akan digunakan. ISO 27001 sendiri tidak menentukan metode tertentu melainkan hanya merekomendasikan pendekatan proses yang berdasarkan pada strategi Plan-Do-Check-Act.

Anda bisa menggunakan model apa saja asalkan persyaratan dan prosesnya didefinisikan dengan jelas, diterapkan dengan benar dan ditinjau serta ditingkatkan secara berkala.

Menentukan Ruang Lingkup ISMS

Langkah berikutnya adalah memahami lebih jauh tentang kerangka atau ruang lingkup ISMS. Ini bisa Anda pelajari lebih jauh dalam pasal 4 dan 5 standar ISO 27001. Ini sangat penting untuk menentukan skala ISMS Anda dan tingkat jangkauannya dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Baca juga:  Strategi Mengoptimalkan Layanan IT di Lingkungan Kampus

Identifikasi Garis Dasar (Baseline) Keamanan

Garis dasar keamanan atau security baseline adalah tingkat aktivitas minimum yang diperlukan untuk menjalankan bisnis dengan aman. Anda bisa mengidentifikasinya dengan informasi yang didapat dalam penilaian risiko ISO 27001 Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi kerentanan keamanan yang paling signifikan dalam perusahaan Anda.

Menetapkan Proses Manajemen Risiko

Manajemen risiko adalah inti dari implementasi ISO 27001. Hampir semua aspek sistem keamanan didasarkan pada ancaman yang sudah diidentifikasi dan diprioritaskan. Ini dilakukan lewat proses 5 langkah:

    • Menetapkan kerangka penilaian risiko
    • Mengidentifikasi risiko
    • Menganalisis risiko
    • Mengevaluasi risiko
    • Memilih opsi manajemen risiko.

Menerapkan Rencana Penanganan Risiko

Proses ini bermanfaat untuk membangun kontrol keamanan yang akan melindungi aset informasi yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

Ukur, Pantau, dan Tinjau

Anda tidak akan tahu apakah implementasi ISMS Anda berhasil atau tidak kecuali dengan meninjaunya. Anda disarankan untuk melakukan peninjauan setahun sekali agar lanskap risiko yang terus berkembang bisa terpantau.

Dapatkan Sertifikasi

Setelah semua terimplementasi, Anda bisa mendapatkan sertifikat ISO 27001. Prosesnya akan dilakukan dengan cara audit eksternal dan dilakukan lewat dua tahapan.

 

Baca juga: Memahami Ruang Lingkup ISO 27001

 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait perencanaan sistem manajemen keamanan informasi ISO 27001 dan implementasinya. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut perihal implementasi ISO 27001 silakan hubungi kami.