QR Code, Solusi Mencegah Pemalsuan Tanda Tangan

2024-01-04T10:57:49+07:00 December 27th, 2022|Categories: Persuratan|Tags: |

integrasolusi.com – Pemalsuan tanda tangan membawa kerugian besar dari aksi kriminal seperti penyalahgunaan identitas, penipuan, dan pencurian. Upaya mencegah pemalsuan tanda tangan bisa dilakukan dengan teknologi QR code. Selain praktis, tanda tangan berupa kode QR lebih menjamin keamanan transaksi dan sulit dipalsukan.

Mengapa QR Code Mencegah Pemalsuan Tanda Tangan?

Tanda tangan QR code menawarkan beberapa keunggulan dalam hal keamanan dibandingkan tanda tangan basah. Beberapa di antaranya adalah:

  • Sistem yang Sulit Ditiru

Sistem tanda tangan digital susah dipalsukan karena kode QR sulit ditiru. Setiap tanda tangan digital dalam suatu sistem memiliki pola unik untuk sistem pemindaian (scanning). Jika pola ini tidak terbaca, sistem tidak akan mengeluarkan informasi yang diminta.

  • Sistem Verifikasi Cepat dan Mudah

Pemalsuan tanda tangan basah lebih sulit dideteksi karena sistem verifikasinya keamanannya membutuhkan waktu lama. Tanda tangan digital dengan kode QR bisa diverifikasi dengan cepat karena sudah terdaftar di dalam sistem. Hasil pemeriksaan keaslian tanda tangan akan segera terlihat dari respons sistem terhadap proses pemindaian.

  • Perlindungan Ganda dengan Sistem Enkripsi

Sistem enkripsi diterapkan sebagai perlindungan ekstra untuk mencegah pemalsuan tanda tangan digital. Dengan sistem ini, peretas tidak bisa seenaknya mencuri data-data yang diperlukan untuk menciptakan tanda tangan digital.

  • Verifikasi Publik dan Privat

Sistem tanda tangan dengan kode QR memiliki dua jenis verifikasi: publik dan privat. Yang pertama digunakan untuk kebutuhan verifikasi sehari-hari. Sementara itu, yang kedua merupakan sistem verifikasi pribadi yang unik bagi setiap pengguna. Hal ini menambah lapisan keamanan agar tanda tangan tidak bisa dipalsu.

Baca juga:  Mudah! Ini Cara Membuat Tanda Tangan Anti Palsu

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Tanda Tangan QR Code Aman dan Anti Pemalsuan

Penerapan QR Code untuk Mencegah Pemalsuan

Sistem tanda tangan dengan kode QR kini semakin banyak diterapkan di perusahaan dan instansi. Contohnya adalah tanda tangan digital untuk persuratan elektronik, pengurusan dokumen resmi, dan akses ke file perusahaan. Kode QR yang digunakan dihubungkan ke sistem perusahaan sehingga bersifat privat.

Baca juga: Tips dan Trik Tanda Tangan Anti Palsu untuk Keamanan Dokumen

Dengan tanda tangan QR code, kegiatan operasional dan pengurusan dokumen menjadi lebih aman. Gunakan teknologi manajemen dokumen dan sistem persuratan yang telah memiliki teknologi tersebut. Aktivitas kantor dan pekerjaan pun lebih terjaga karena adanya fitur yang mencegah pemalsuan tanda tangan.