integrasolusi.com – Pemalsuan tanda tangan berdampak besar pada keamanan transaksi dan dokumen. Anda bisa menjadi korban kejahatan atau kerugian finansial gara-gara pemalsu. Jangan lupa menggunakan tips dan trik tanda tangan anti palsu untuk mengurangi risiko tersebut.

3 Tips dan Trik Tanda Tangan Anti Palsu

Bagaimana caranya mengurangi risiko pemalsuan tanda tangan? Inilah beberapa tips dan trik tanda tangan anti palsu yang bisa Anda coba.

  • Gores Tanda Tangan dengan Cepat

Tanda tangan yang digoreskan dengan cepat cenderung lebih susah dipalsukan. Hal ini karena peniru tanda tangan biasanya harus menggoreskannya secara perlahan. Pola tanda tangan yang dibuat dengan cepat berbeda dari goresan lambat dan hati-hati.

  • Buat Tanda Tangan Serumit Mungkin

Tanda tangan rumit menuntut lebih banyak perubahan arah goresan dibandingkan dengan yang mudah. Hal ini membuat peniru susah menjiplaknya, terutama jika mereka harus melakukannya dengan perlahan.

  • Ciptakan Dua Versi Tanda Tangan

Pastikan tanda tangan asli Anda tidak banyak tersebar. Gunakan tanda tangan asli untuk dokumen resmi. Untuk keperluan seperti menerima paket atau mengisi buku tamu, cukup gunakan paraf.

  • Tambahkan Ornamen Kecil pada Tanda Tangan

Tanda tangan dengan ornamen spesifik biasanya lebih susah ditiru karena detail kecilnya. Jenisnya bisa beragam, misalnya titik kecil, garis bawah pendek, goresan ekstra di ujung huruf, dan sebagainya.

  • Gunakan Teknologi Kode QR

Pernah menggunakan aplikasi atau situs yang meminta “ttd QR code”? Jika ya, Anda beruntung. Kode QR kini semakin banyak digunakan dalam pembuatan tanda tangan digital. Jenis tanda tangan ini sulit ditiru karena informasinya tidak bisa dijiplak begitu saja.

Baca juga: QR Code, Solusi Mencegah Pemalsuan Tanda Tangan

Baca juga: Tanda Tangan QR Code: Contoh dan Keunggulannya

QR Code untuk Tanda Tangan Anti Palsu

QR code adalah solusi mudah untuk mencegah pemalsuan tanda tangan. Teknologi ini memberi pengguna tanda tangan digital unik yang dipindai setiap kali membutuhkan verifikasi. Tidak seperti tanda tangan basah, tanda tangan QR code susah ditiru dan keasliannya bisa langsung dibuktikan.

Tanda tangan digital kini banyak tersedia di berbagai aplikasi, misalnya aplikasi manajemen dokumen dan aplikasi surat-menyurat dari integraOffice. Gunakan kode QR sebagai tips dan trik tanda tangan anti palsu untuk keamanan transaksi dan dokumen Anda.