integrasolusi.com –  Bagi organisasi/perusahaan, data dan informasi adalah aset penting dan berharga demi kelangsungan hidup organisasi / perusahaan tersebut. Oleh karena itu, data dan informasi yang ada dalam organisasi/perusahaan haruslah di Kelola dengan baik dan dijaga keamanan serta kerahasiaannya, jangan sampai jatuh dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dan menjadikan organisasi/perusahaan tidak bisa berjalan sesuai visi misinya hingga tidak bisa berkembang dan akan mati pada aknirnya.

Coba bisa Anda bayangkan, di era digital seperti sekarang ini, dimana semua orang  bisa mengakses informasi dengan mudahnya melalui internet, tentu saja dengan mudahnya akses melalui jaringan internet pasti juga ada orang-orang yang memiliki niatan jahat dengan mencuri atau membobol data dan informasi yang ada pada sebuah organisasi/perusahaan untuk diperjualbelikan atau bahkan minta tebusan uang dengan jumlah yang besar. Nah hal-hal itulah yang tentunya harus menjadi prioritas organisasi/perusahaan untuk menjaga keamanan dan menghindari penyalahgunaan data dan informasi yang ada didalamnya. Dan dalam hal ini keamanan data informasi , dibutuhkan untuk menjaga kerahasiaan, ketersediaan dan integritas sumber daya informasi yang ada dalam organisasi/perusahaan.

Berkaitan dengan keamanan data informasi dan sesuai dengan judul artikel ini, mulai sekarang Anda harus bisa menghindari kesalahan-kesalahan fatal dalam menjaga dan mengelola data informasi di organisasi/perusahaan Anda, seperti contohnya :

  • Pemetaan data dan informasi yang tidak terstruktur dengan baik
  • Data dan informasi yang diterima tidak konsisten
  • Kurangnya kesadaran akan pentingnya keamanan data informasi
  • Penyimpanan data informasi yang berbeda-beda sumbernya
  • Sulit mencari data informasi yang dibutuhkan
  • Tidak adanya pembagian hak akses data informasi yang ada
  • Integritas data tidak terjamin

Untuk menghindari kesalahan-kesalahan seperti di atas, Anda bisa melakukan berbagai langkah dalam menjaga dan mengelola data informasi organisasi/perusahaan Anda, beberapa contohnya seperti ; membuat rencana strategis IT untuk 5 tahun ke depan (IT Master Plan) yang berguna dalam membuat kebijakan dalam penanganan data informasi, gunakan software/aplikasi yang aman bagi organisasi, meningkatkan awareness terhadap keamanan data informasi, menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI), dll.

Dari beberapa langkah yang dapat diterapkan dalam menjaga kemanan data informasi di atas, ada dua poin yang dapat di prioritaskan oleh organisasi/perusahaan, yaitu rencana strategis IT ( IT Master Plan) dan penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) atau biasa dikenal dengan ISO 27001. Ya karena dengan kedua poin tersebut, organisasi/perusahaan dapat dengan mudah merencanakan pengembangan IT yang sesuai dengan kebutuhan disertai dengan sistem keamanan data informasi yang sesuai dengan standart ISO 27001.

Nah bagi Anda semua yang ingin lebih detail tentang pengelolaan data informasi bagi organisasi/perusahaan, Anda bisa berdiskusi dengan tim integraOffice, karena tim integraOffice sudah berpengalaman dalam membantu solusi IT di beberapa kementrian dan  BUMN, serta dibekali dengan kemampuan yang kompeten dan bersertifikasi internasional dalam keamanan IT.

Jadi tunggu apalagi! Klik disini untuk informasinya

 

 

 

 

Sumber:
https://accounting.binus.ac.id/2019/07/16/memahami-pentingnya-keamanan-sistem-informasi/
http://www.asaba.co.id/article/preview/30/tantangan-pengelolaan-data-dan-solusinya