5 Alasan Penting Mengapa Harus React!

2023-11-13T11:00:50+07:00

integrasolusi.com – Sobat office, kali ini kami akan sedikit mengupas tentang salah satu teknologi yang lagi trend bahkan banyak digunakan di perusahaan-perusahaan top dunia. Pernahkah Sobat Office tahu tentang apa itu “React” ?? tentu banyak dari Sobat Office yang asing dengan istilah ini. React adalah library Javascript terpopuler untuk membuat user interface (UI). Tool ini menawarkan respons cepat untuk user input dengan menggunakan metode baru dalam proses rendering website.

Komponen dari tool ini dikembangkan oleh Facebook. Dahulunya tool ini diluncurkan sebagai tool open-source JavaScript di tahun 2013. Saat ini, React tetap terdepan mendahului kompetitornya seperti Angular dan Bootstrap, dua library JavaScript terlaris. Pada artikel ini kami akan membantu sobat office dalam memahami apa itu React dan bagaimana tool ini dapat meringankan pekerjaan anda sebagai seorang front-end developer. React telah digunakan oleh ratusan perusahaan besar di dunia, termasuk Netflix, Airbnb, American Express, Facebook, WhatsApp, eBay dan Instagram. Hal ini dapat menjadi bukti bahwa tool ini memiliki berbagai manfaat yang tidak dapat ditandingi oleh kompetitornya. Setidaknya ada 5 alasan mengapa teknologi React banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan belakangan ini antara lainnya :

  1. Mudah Digunakan

React adalah GUI library JavaScript open-source yang berfokus pada hal-hal spesifik; menyelesaikan task UI secara efisien. Hal ini dapat dikategorikan sebagai V pada pattern MVC (Model-View-Controller). Sebagai developer JavaScript, Sobat Office akan memahami dasar-dasar React dengan mudah. Bahkan mengembangkan aplikasi berbasis web dengan tool ini hanya dalam beberapa hari.

  1. Mendukung Reuseable komponen pada Java

React memungkinkan Sobat Office untuk menggunakan kembali komponen yang telah dikembangkan menjadi aplikasi lain yang memiliki kesamaan fungsi. Fitur yang memungkinkan komponen untuk digunakan kembali merupakan manfaat yang menonjol untuk developer.

  1. Penulisan Komponen lebih Mudah
Baca juga:  Penomoran Surat Mundur

Komponen React lebih mudah untuk ditulis karena menggunakan JSX, ekstensi syntax opsional untuk JavaScript yang memungkinkan Sobat Office untuk mengombinasikan HTML dengan JavaScript. JSX adalah gabungan antara JavaScript dengan HTML. Ekstensi ini menjabarkan seluruh proses penulisan struktur website. Ditambah lagi, ekstensi ini juga mempermudah proses render beberapa fungsi. Walaupun JSX bukan ekstensi syntax terpopuler, tapi terbukti bahwa ekstensi ini lebih efisien dalam mengembangkan komponen khusus atau aplikasi high-volume.

  1. Performa Lebih baik dengan DOM Virtual

React secara efisien dapat mengupdate proses DOM (Document Object Model). Sebagaimana yang sobat office tahu, proses ini dapat membuat frustasi dalam mengembangkan aplikasi berbasis web. Untungnya, React menggunakan DOM virtual, jadi Sobat Office dapat menghindari masalah ini. Tool ini memungkinkan untuk membuat DOM virtual dan menempatkannya di memiru. Hasilnya, tiap kali ada perubahan pada DOM yang asli, DOM virtual akan segera terganti. Sistem ini akan mencegah DOM yang asli untuk melakukan force update secara terus menerus. Jadi, kecepatan aplikasi anda tidak akan terganggu.

  1. SEO Friendly

React memungkinkan Sobat Office untuk membuat user interface yang dapat diakses dari berbagai mesin pencari. Fitur ini merupakan manfaat yang sangat besar karena tidak semua framework JavaScript SEO friendly. Ditambah lagi, ketika React mempercepat proses aplikasi, tool ini juga dapat meningkatkan SEO result. Intinya, kecepatan website Sobat Office berpengaruh besar pada optimasi SEO.Namun, anda harus mencatat bahwa React hanyalah library JavaScript. Yang artinya, tool ini tidak dapat mengerjakan semuanya sendiri. Library tambahan mungkin diperlukan untuk pengelolaan state, routing, dan keperluan interaksi.

Kami berharap bahwa artikel ini dapat memberi informasi kepada sobat office tentang apa itu React dan mengapa perlu menggunakan teknologi React. Pada kesempatan kedepan kami akan bagikan kepada Sobat Office tentang produk dari interaOffice yang telah menggunakan teknologi React. Yuk, segera hubungi Corporate Partnership Officer kami untuk berdiskusi lebih lanjut, silahkan cek  dan pantau terus website resmi kami untuk mendapatkan informasi penting lainnya.

Baca juga:  Dokumen Faktur: Definisi, Jenis, Komponen, serta Kegunaannya

Semoga bermanfaat !

 

Sumber : https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-react/