integrasolusi.com –  Seperti yang kita ketahui bersama, penggunaan teknologi informasi, khususnya teknologi digital di era sekarang ini menjadi sebuah hal yang penting bagi organisasi/perusahaan. Teknologi informasi menjadi hal yang penting dikarenakan sangat dibutuhkan dan dapat membantu dan mempermudah aktivitas pada sebuah organisasi/perusahaan, dimana dapat menjadikan organisasi/perusahaan tersebut menjadi lebih unggu dan mampu maju bersaing di era digital sekarang ini. Dengan beralihnya organisasi/perusahaan dari menggunakan cara manual ke cara digital, merupakan bentuk dari implementasi transformasi digital yang banyak digaungkan sekarang ini. Dengan melakukan transformasi digital, organisasi/perusahaan akan mendapatkan keuntungan, mmulai dari pengelolaan data pada perusahaan yang baik, sampai dengan dapat meningkatkan produktivitas para karyawannya yang berpengaruh perusahaan mampu bersaing dengan inovasi-inovasi terbaru.

Namun dalam kenyataannya, mayoritas organisasi/perusahaan masih belum benar-benar mengimplementasikan transformasi digital secara maksimal, mengapa demikian? Bisa saja karena faktor dari internal lingkungan perusahaannya, misalnya terkait ketidaksiapan SDM nya dalam menerima teknologi, budaya kerjanya, dll.

Sekarang mungkin yang menjadi pertanyaan pada diri Anda semua, sudah siapkah menghadapi transformasi digital di kantor atau perusahaan Anda? Bagaimana caranya? Nah berikut ada beberapa hal yang dapat membantu Anda dalam menghadapi transformasi digital, antara lain :

  1. Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Teknologi

Ini hal utama dalam transformasi digital, anda harus bisa membuka pikiran dan memberikan ksadaran kepada tim atau individu yang ada kantor perusahaan Anda, bahwa teknologi itu penting dan dapat membantu aktivitas kerja  menjadi lebih efektif dan efisien.

  1. Berikan Insight Mengapa Harus Bertranformasi Digital

Ini juga perlu dikakukan, agar individu pada kantor di organisasi/perusahaan Anda bisa memahami mengapa transformasi digital itu perlu dilakukan dan apa manfaatnya bagi perusahaan dimasa sekarang dan di masa mendatang. Yang jelas berikan gambaran secara umum tentang bagaimana transformas digital itu dilakukan, misalnya dengan memberikan beberapa contoh teknologi yang akan digunakan beserta benefit nya.

 

  1. Sosialisasikan Tentang Teknologi Yang Akan Digunakan

Pastikan sebelum Anda benar-benar melakukan transformasi digital, Anda harus memberikan sosialisasi kepada semua pihak yang ada dalam perusahaan tentang teknologi yang akan digunakan dan mengapa menggunakannya. Ini bertujuan agar semua pihak dalam perusahaan tidak kaget ataupun mengalami kesulitan terkait teknologi yang akan diimplementasikan, yang intinya semua pihak yang terkait sudah siap menerimanya.

  1. Siapkan Tim Yang Siap Dengan Digitalisasi

Dalam perusahaan perlu ada tim yang siap dan menguasai kebijakan serta proses dari digitalisasi dengan baik, hal ini sangat penting khususnya bagi manajemen perusahaan Anda. Mengapa pihak manajemen harus siap juga? Ya karena manajemen perusahaan harus memnberikan contoh  yang tepat dan mengapa harus ada urgensi dalam implementasi teknologi digital ini.

 

  1. Bimbingan dan Pelatihan Tentang Proses Digitalisasi

Setelah semua tim siap,  pastikan memnerikan bimbingan dan pelatihan teknis terkait teknologi yang akan digunakan, pastikan setiap anggota tim paham dan mengerti proses digitalisasi dari penggunaan teknologi yang ada

 

  1. Evaluasi Proses Digitalisasi

Mengapa harus ada evaluasi? Ya karena evaluasi ini penting bagi perusahaan, untuk memantau bagaimana proses digitalisasi ini berjaan dengan tepat atau tidak, sesui dengan tujuan awal dari transformasi digital tidak,  perlu ada revisi atau perbaikan teknologi yang digunakan atau kah perlu menggunakan dan menambah teknologi yang lainnya atau tidak. Yang intinya untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan teknologi pada aktivitas peusahaan.

 

  1. Optimalkan Hasil Evaluasi

Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan, catat semua hasil selama dan sesudah perusahaan melakukan proses digitalisasi, komunikasikan dengan manajemen perusahaan terkait hasil dari evaluasi. Apakah ada yang perlu diperbaiki atau ada yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan lagi untuk aplikasi dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, misalnya aplikasi dokumen lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi untuk menghemat anggaran kertas dan ruang penyimpanan, pengembangan aplikasi absensi online ketika ada kebijakan bekerja dari rumah (WFH), dll

 

Nah itu beberapa langkah yang harus disiapkan kantor atau perusahaan Anda dalam menghadapi transformasi digital yang  menjadi tuntutan agar perusahaan Anda mampu maju bersaing di era digital sekarang ini. Namun pasti Anda bertanya-tanya, apakah ada yang mampu dan berkompeten dalam  memberikan solusi inplementasi transformasi digital ini?

Daripada Anda penasaran, mengapa Anda tidak langsung klik disini saja !

 

NB :

Jangan menunggu terlalu lama, dalam berpikir tentang teknologi digital yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan organisasi/perusahaan Anda. Segeralah menghubungi kami untuk berdiskusi secara GRATIS !!!

Semoga bermanfaat

 

 

 

 

Sumber:
https://www.softwareseni.co.id/blog/menghadapi-digital-transformasi
https://hellonimbly.com/blog/post/7-cara-membantu-karyawan-dalam-proses-transformasi-digital