Terobosan Nyata Dalam Transformasi Digital dengan e-Office

2023-05-26T10:29:48+07:00

integrasolusi.com –  Seperti yang semuanya tahu, kita sekarang ini  berada pada pada jaman dimana semuanya serba digital, ini ditunjukkan dengan berbagai kemajuan teknologi dan informasi yang berembang dengan pesat tiap harinya, satu teknologi saja baru muncul dan belum di implementasikan di masyarakat luas, sudah banyak bermunculan inovasi-inovasi teknologi lainnya. Dengan hadirnya banyak inovasi dalam dunia teknologi informasi sekarang ini, tentu saja kita dapat memanfaatkan teknologi tersebut dalam membantu aktivitas kita sehari-hari, khususnya dalam hal aktivitas pekerjaan kita, yang mungkin sbelumnya kita kerjakan secara manual dan butuh tenaga SDM khusus, dengan hadirnya inovasi dan kemajun teknologi informasi, semuanya bisa dilakukan secara remote dari jarak jauh, dan inilah yang sering kita kenal dengan transformasi digital.

Namun apakah Anda semua tahu, apa sih sebenarnya transformasi digital itu?

Menurut Wikipedia Indonesia, “Transformasi digital adalah bagian proses dari teknologi yang lebih besar dan ini adalah perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan yang ada pada masyarakat”. Nah dapat disimpulkan penggunaan teknologi digital oleh masyarakat luas beserta manfaatnya bisa disebut juga transformasi digital. Dalam implementasinya, transformasi digital sangatlah luas,sesuai dengan masalah dan kendala apa yang dapat diselesaikan dengan hadirnya teknologi digital tersebut. Seperti halnya dalam akitvitas kerja kita sehari-hari,, tentunya sebelum hadirnya teknologi digital, semua aktivitas kerja dikantor dilakukan secara manual, kemudian hadirlah teknologi computer, namun masih saja belum bisa terintegrasi ke sstem lainnya, lagi-lagi beberapa aktivitas masih dilakukan secara manual. Berikutnya mulailah muncul inovasi-inovasi berbasis teknologi digital yang dapat membantu kerjaan kita di kantor.

Salah satu terobosan nyata dalam hal transformasi digital dalam aktivitas perkantoran adalah hadirnya sistem aplikasi electronic office atau lebih dikenal dengan istilah e-Office. Sama halnya dengan transformasi digital, e-Office ini juga sangat luas, sesuai dengan manfaat dan kebutuhan yang dapat dipenuhi oelh hadirnya e-Office. Beberapa dari e-Office yang sangat dibutuhkan dan dimanfaatkan mayoritas perkantoran adalah e-Office Persuratan dan Disposisi, Document Management System (DMS), Knowledge Management System (KMS), aplikasi Helpdesk, absensi online, dll. Dengan memanfaatkan aplikasi e-Office yang ada saat ini, tentunya akan sangat-sangat membantu dan mudamudahkan pekerjaan kita di kantor sehari-hari. Ttapi yang tentunya harus benar-benar diperhatikan adalah penggunaan e-Office itu sendiri yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kantor kita.

Baca juga:  Ini Manfaatnya Transformasi Digital Bagi Organisasi Anda

Apa saja manfaat dari implementasi e-Office? Diantaraya adalah sebagai berikut :

  • Mudah dan cepat dalam mencari informasi yang dibutuhkan
  • Keamanan data terjamin
  • Dokumen dan surat akan terjaga dari kehilangan dan kerusakan, karena semuanya serba digital
  • Memudahkan dalam komunikasi dan kolaborasi kerja
  • Infotmasi kerja yang dibutuhkan dapat diakses dimana saja dan kapan saja, tentunya dengan menggunakan jaringan internet
  • Memudahkan tracking suatu dokumen/surat atau progress dari suatu pekerjaan.
  • Menghemat anggaran, terutaman dalam penggunaan kertas, karena semuanya serba paperless

Itulah beberapa dari manfaat dari implementasi e-Office di kantor Anda, namun masih banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dalam penggunaan aplikasi e-Office nya.

Adakah penyedia aplikasi e-Office yang dapat membantu Anda dalam memberikan solusi IT yang inovatif sesuai dengan kebutuhan kantor Anda?

Yang jelas ada, pastikan menggunakan produk dan layanan e-Office dari integraOffice, sistem dan layanan integraOffice sudah terpercaya dan teruji dalam membantu memberikan solusi di beberapa kementrian, BUMN, Pemerintahan, rumah sakit, universitas sampai ke sektor swasta.

Penasaran apa saja produk dari integraOffice yang dapat membantu aktivitas kantor Anda?

Jangan ragu-ragu ! Hubungi kami sekarang juga

 

 

NB : Sekarang adalah saat yang terbaik memulai transformasi digital di kantor Anda ! segera hubungi kami.

 

 

 

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Transformasi_digital