integrasolusi.com- Perkembangan jaman semakin maju pesat, diiringi dengan kemajuan teknologi informasi yang  semakin pesat pula. Salah satunya adalah perkembangan teknologi digital, dimana semua aktivitas kita sehari-hari tidak lepas dan selalu berhubungan dengan teknologi tersebut. Mulai dari aktivitas kita dirumah sampai dengan aktivitas kerja kita di kantor. Tentu saja penggunaan teknologi digital ini tidak bisa dipandang sebelah mata, terutama bagi organisasi/perusahaan. Ya karena sebuah organisasi/perusahaan akan dituntut untuk lebih inovatif dengan mencari cara baru yang lebih efektif dan efisien guna mencapai hasil yang diinginkan, yaitu dengan menggunakan teknologi digital. Karena dengan teknologi digital, organisasi/perusahaan akan terbantu dan merasakan manfaat yang luar biasa, aktivitas yang dulunya dikerjakan secara manual konvensional, kini saatnya harus sudah mulai beralih/bertransformasi ke arah digital.

Apa sih sebenarnya transformasi digital itu ?

Transformasi digital disini adalah segala sesuatu yang mengacu pada suatu proses aktivitas dengan menggunakan atau memanfaatkan teknologi digital. Namun perlu diingat juga, transformasi digital tidak hanya tentang perubahan dari sistem manual ke digital, tetapi juga bagaimana teknologi digital ini bisa diimplementasikan di organisasi, apa manfaatnya bagi organisasi dan apakah ada efek samping bagi organisasi/perusahaan akibat penggunaan teknologi digital ini yang mempengaruhi kondisi organisasi/perusahaan di masa mendatang. Penggunaan dan pemanfaatan teknologi digital ini, biasa akita sebut dengan proses digitalisasi.

Selanjutnya seiring dengan transformasi digital yang dilakukan organisasi/perusahaan, harus diimbangi pula dengan transformasi/perubahan pada manajemen organisasi dan penempatan strategi organisasi. Transformasi digital juga harus mampu meningkatkan kinerja para pegawai menjadi lebih efektif dan efisien, tanpa ada batasan jarak dan waktu, kapanpun dimanapun berada tetap bisa terjalin komunikasi antar unit yang ada. Yang kesemuanya itu saling berhubungan dengan aspek-aspek lain yang ada didalam organisasi yang bertujuan  meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan profit perusahaan dan percepatan jangkauan pada pasar yang dituju.

Apa saja manfaat transformasi digital bagi organisasi?

Organisasi akan memperoleh manfaat dari adanya transformasi digital, antara lain :

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan

Tentunya dengan transformasi digital, para pelanggan akan dengan mudah untuk mengakses segala informasi tentang produk dan layanan yang ditawarkan. Dapat memperoleh update informasi terbaru dan layanan  after sales secara real-time, yang tentunya akan membuat pelanggan nyaman dan puas akan pelayanan informasi Anda

 

  • Dapat mengetahui perubahan perilaku konsumen

Semakin berkembangnya teknologi digital saat ini, tentunya organisasi/perusahaan akan dengan mudah melihat perubahan perilaku konsumen pada segmen pasar yang ada. Dengan demikian organisasi akan dengan mudah memberikan solusi yang inovatif atas kebutuhan konsumen, misalnya ; saat pandemi seperti ini, akan dapat dilihat kecenderungan konsumen untuk membeli secara online, maka perusahaan akan memberikan jasa layanan gratis ongkir dengan syarat tertentu apabila konsumen membeli secara online.

 

  • Hemat waktu dan anggaran.

Mengapa bisa menghemat waktu dan anggaran? Ya karena perusahaan menggunakan teknologi digital yang semua dokumen dalam bentuk digital tanpa harus mengeluarkan biaya untuk belanja kertas dan anggaran ruang penyimpanan. Selain itu dapat menghemat waktu, ketika harus berkoordinasi antar unit, tanpa ada batasan jarak dan waktu, semua aktivitas dapat dilakukan secara bersamaan antar unit yang ada pada perusahaan. Tanpa harus saling menunggu  kabar dari unit lain, semuanya dapat langsung dilihat dan jalankan bersama-sama, sehingga lebih efektif dan efisien.

Dari uraian yan sudah dijelaskan di atas, transformasi digital tidak hanya sekedar penerapan teknologi saja dalam aktivitas organisasi/perusahaan. Melainkan transformasi digital harus membuat organisasi mampu berubah dan mengembangkan setiap aspek yang ada didalam organisasi dengan penerapan teknologi digital yang ada, sehingga dapat mencapai visi dan misi organisasi.

 

Organisasi Anda ingin bertransformasi ke arah digital? Bagaimana dan apa saja yang harus disiapkan?

Segera hubungi kami untuk informasi lengkapnya.

 

 

 

 

 

 

Disadur dari berbagai sumber :
https://www.sas.com/id_id/insights/data-management/digital-transformation.html#:~:text=Transformasi%20digital%20sering%20digunakan%20untuk,bisnis%20internal%2C%20transformasi%20menjadi%20mungkin
https://www.logique.co.id/blog/2019/08/19/transformasi-digital/