Tips Menghadapi Customer : “Minta Diskon”

2023-05-26T10:28:55+07:00

integraOffice – Sebuah usaha selalu hubungannya antara customer atau pembeli dan penjual, pasti sering mengalami kejadian dimana customer meminta potongan harga atau diskon. Meminta potongan harga atau diskon ini  adalah hal yang wajar saat proses negosiasi jual beli, entah itu jual beli produk berupa barang atau jasa profesional. Tidak sedikit dari para penyedia produk ini merasa kesal dan gemas dengan customer yang selalu meminta-minta diskon. Bahkan ada beberapa dari penyedia produk ini enggan untuk menawarkan lagi produknya pada customer tersebut, karena merasa terlalu risih untuk mendengar kata “diskon”. Tenang sobat office dalam suatu usaha tidak boleh melewatkan kesempatan yang ada dan dituntut untuk selalu kreatif dalam menghadapi rintangan yang ada.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai tips menghadapi customer, artikel ini nantinya akan dibagi menjadi beberapa seri, untuk seri pertama ini akan dibahas mengenai tips menghadapi customer yang sering meminta-minta diskon, Bagaimana sih cara menyikapinya ? Apa kita harus menerimanya begitu saja ?. Tenang, berikut ini akan dijelaskan 3 cara yang sudah sering digunakan oleh Tim Marketing PT Integra Teknologi Solusi dalam mengahadapi customer yang suka meminta-minta diskon. Selama masih bisa memberi potongan harga atau diskon jangan lupa untuk menggunakan 3 cara berikut ini.

  1. Beri Minimum Pemesanan

Pertama, yaitu dengan memberikan minimum pemesanan. Contoh paling mudah adalah penyedia produk berupa barang, cobalah untuk memberikan minimum pemesanan sebagai imbal balik dari diskon yang telah kita berikan.

“Jika Ibu ambil 400 kotak akan kami berikan diskon 10% , Ibu mau ambil berapa banyak ? “

  1. Beri Jangka Waktu

Kedua, yaitu dengan memberikan jangka waktu. Jangka waktu yang dimaksut sangatlah luas bisa berupa jangka waktu pembayaran seperti ini :

Baca juga:  Siap Konsultasi via Daring 20 Jam bersama integraOffice

“ Jika Bapak bisa membayar 50% diawal, akan kami berikan diskon 5% lho pak “

atau jangka waktu yang berhubungan dengan kontrak :

“ Jika Bapak mau perpanjang kontrak 2 tahun lagi, akan kami kasih extra diskon 5% lho pak “

  1. Kurangi Fitur

Ketiga, yaitu kurangi fitur yang akan kita berikan. Sebagai contoh jika berhubungan dengan jasa professional seperti catering, kita bias kurangi fitur dengan penyampaian seperti ini :

“ Jika Bapak minta diskon 10%, daging sapinya nanti kita ganti ayam ya pak atau ikan, dengan menu yang sama enak juga kok pak “

Atau jasa seperti make up artis :

“ Jika Ibu minta diskon 5%, nanti produk kosmetik yang digunakan “ini” “itu” ya bu “

Selama kalian bisa memberi diskon, ketiga cara diatas dapat kalian gunakan dalam meminta imbal balik dari customer, sehingga tetap ada keuntungan maksimal yang masih bisa didapatkan. Ketiga cara tersbut dapat kalian pilih salah satu, atau dicampur-campurkan. Jika masih belum bias mendapat kesepakatan maka minimal coba cari tahu, apakah customer sedangkan membandingkan produk anda dengan produk lain dengan kualitas yang sama, jika “iya” maka beritahu tentang perbedaan produk anda. Sekian untuk artikel kali ini dan jangan sampai kelewatan di tips menghadapi customer.