integrasolusi.com –  Seiring dengan perkembangan zaman yang  begitu pesat, kita semua selalu disuguhkan setiap tahunnya dengan berbagai inovasi teknologi terbaru. Semakin hari  semakin menjamur pula hasil inovasi dan layanan yang luar biasa mengagumkan dalam bidang teknologi. Bahkan terkadang belum hilang euforia masyarakat terhadap sebuah teknologi sebelumnya, sudah pula muncul teknologi terbaru lainnya. Hasil penemuan teknologi tersebut tentunya akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan manusia. Sadar atau tidak, perkembangan teknologi telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita. Misalnya Telepon, zaman dahulu orang membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk dapat mengabarkan sebuah pesan. Sekarang tinggal pencet, kita bisa bicara dengan orang dari berbagai negara.

Selain dalam segi komunikasi, teknologi dalam bidang informasi juga sangat membantu kita dalam banyak hal. Contoh yang paling populer adalah dengan adanya Smartphone  yang merupakan terobosan terbaru yang membuat informasi seolah-olah berada dalam genggaman kita. Smartphone menyediakan banyak sekali fitur dan kecanggihan yang bida kita manfaatkan. Jika dahulu kita harus ke perpustakaan dahulu untuk mencari sebuah referensi, maka sekarang tinggal ketik kata kuncinya maka dalam hitungan detik kita akan disuguhkan berbagai informasi yang berhubungan dengan topik yang kita cari. Tak asing lagi, sekarang kita bisa mengakses informasi apapun, di mana pun dan kapan pun. Sayangnya tak semua orang bisa menggunakan teknologi terbaru tersebut. Masih saja ada yang kurang paham dan malas mempelajarinya. Ada yang beralasan karena sudah tua, sudah tradisi manual,  anak desa, tidak punya uang dan alasan lainnya. Harusnya justru karena ketidaktahuan itu, kita harus menjadi tahu. Mempelajari teknologi juga  tidak memerlukan biaya yang mahal juga. Sebaliknya, teknologi malah memberikan banyak kemudahan dengan biaya yang relatif terjangkau. Tidak bisa menguasai teknologi terbaru justru membuat kita jauh tertinggal. Bagaimana pun, setiap saat dunia tempat kita tinggal akan terus mengalami perubahan. Itulah sebabnya dalam kesempatan artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda mengenai beberapa alasan mengapa Anda harus melek Teknologi, antara lain adalah :

  1. Untuk Menjalani Hidup yang Lebih Pecaya Diri

 

Akan menjadi nilai plus bila kita mampu menyesuaikan diri, mengikuti dan mengantisipasi perkembangan teknologi, maka tidak diragukan lagi kita akan bisa melaksanakan dan menjalani berbagai kegiatan dengan lebih mandiri dan percaya diri. Orang yang tidak mengenal kemajuan teknologi biasanya dianggap kuno dan dicap gaptek. Sepintar dan gaulnya seseorang saat ini, jika tidak mengikuti teknologi tetap saja diragukan kepintarannya. Teknologi akan membuat orang bodoh menjadi cerdas. Sebaliknya, orang yang ahli bisa tampak bodoh karena minim pengetahuan tentang teknologi.

 

  1. Lebih Inisiatif, Inovatif, dan Kreatif

 

Dulu sebelum teknologi maju seperti sekarang, sudah banyak juga manusia yang inovatif dan kreatif. Tetapi untuk melakukan sebuah penelitian dan menghasilkan sebuah penemuan, mereka membutuhkan waktu yang sangat lama karena kurangnya dukungan teknologi. Dewasa ini, semakin gencar inovasi dan kreasi dalam berbagai bidang sebab teknologi menjadi salah satu penentu kunci dalam mempercepat hasil penelitian dan penemuan.

 

  1. Mencapai Efektivitas dan Efisiensi

 

Harus diakui bahwa teknologi benar-benar telah memangkas sebagian besar biaya dan waktu  dalam aktivitas manusia. Misalnya saja, dulu mengirim kabar dengan surat yang dikirim lewat kantor pos, tibanya berhari-hari. Sekarang sekali ketik dan klik, pesan akan tersampaikan. Begitu juga, pergi ke luar negeri dulu hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang karena biaya yang mahal, sekarang kemajuan teknologi membuat orang kelas bawah pun juga bisa keluar negeri dengan adanya maskapai penerbangan yang murah. Terkait pekerjaan, ada juga saat ini orang yang tidak masuk kerja pagi sampai sore. Cuma duduk di rumah di depan komputer, namun pendapatan mengalir terus. Orang yang tidak tahu melihat mereka sebagai pengangguran tetapi sebenarnya mereka dengan lebih cerdas dengan memanfaatkan teknologi.

 

Sudah tidak lagi menjadi perdebatan, bahwa kemajuan teknologi telah masuk ke hampir seluruh aspek kehidupan kita. Maka wajib rasanya kita mulai melek dan memaksakan diri untuk senantiasa beradaptasi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi.

 

Sudah sejauh mana Anda memanfaatkan teknologi yang ada saat ini ?

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Sumber
https://ilmunesia.com/5-alasan-penting-kenapa-anda-harus-melek-teknologi/#:~:text=Untuk%20mengembangkan%20kompetensi%20dan%20produktivitas%20kita.&text=Bahkan%20pekerjaan%20dengan%20teknologi%20jauh,pekerjaan%20yang%20berpatokan%20dengan%20tenaga.