Apa Itu Pengujian Keamanan Sistem Teknologi Informasi dan Jenis-jenisnya

2024-03-18T15:42:43+07:00 June 6th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: |

integrasolusi.com – Keamanan sistem teknologi informasi perusahaan sangat penting untuk meminimalkan berbagai ancaman serangan siber. Oleh karenanya, Anda perlu memastikan sistem keamanan TI perusahaan atau instansi berjalan dengan baik. Untuk itu, Anda perlu menjalankan pengujian keamanan terhadap sistem informasi. 

Apa Itu Pengujian Keamanan Sistem TI?

Security testing atau pengujian keamanan merupakan upaya menjamin keamanan sistem informasi perusahaan atau instansi berjalan dengan baik. Dalam penerapan security testing, terdapat 4 aspek penting yang perlu Anda perhatikan, yakni: 

  • Keamanan infrastruktur jaringan
  • Keamanan perangkat lunak
  • Keamanan aplikasi client
  • Keamanan server 

Baca juga: 3 Metode Pentest yang Dilakukan dalam Pengujian Kerentanan Software

Tipe-Tipe Pengujian Keamanan Sistem IT

Ada beberapa jenis security testing yang dapat Anda terapkan, antara lain adalah: 

1. Security Scanning

Anda dapat melakukan pengujian keamanan dengan cara security scanning. Pelaksanaannya berlangsung dengan memindai sistem secara keseluruhan, mulai dari aplikasi, website, jaringan, maupun file system dan mencari apakah ada kerentanan atau modifikasi file yang tak diinginkan. 

2. Vulnerability Scanning

Metode ini berlangsung dengan memindai adanya kerentanan dalam sistem informasi. Pemindaian dapat berlangsung secara internal maupun eksternal. 

3. Risk Assessment

Metode risk assessment berlangsung dengan melakukan pengelompokan risiko sistem informasi. Selanjutnya, Anda dapat melaksanakan identifikasi serta analisis risiko untuk mengetahui jenis risiko yang dapat memberikan ancaman terhadap keamanan TI perusahaan. 

4. Penetration Testing

Tipe-tipe pengujian keamanan berikutnya adalah penetration testing. Metode ini berlaku dengan menerapkan simulasi serangan siber terhadap sistem keamanan TI. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh gambaran seberapa kuat tingkat keamanan sistem informasi perusahaan. 

Baca juga:  Bagaimana Cara Kerja Penetration Testing pada Sebuah Sistem?

5. Security Audit

Anda dapat melakukan pengujian keamanan TI dengan mengaudit sistem keamanan. Langkah ini merupakan metode terstruktur dalam melakukan evaluasi serta penilaian terhadap metode keamanan di sebuah organisasi. 

6. Ethical Hacking

Metode ethical hacking mirip dengan penetration testing. Hanya saja, cakupannya jauh lebih luas dan dapat berlangsung menggunakan berbagai teknik serangan siber. Pelaksanaan pengujian dilakukan oleh seorang ethical hacker yang sudah mendapatkan izin perusahaan. 

7. Posture Assessment

Terakhir, Anda dapat menerapkan pengujian keamanan berupa posture assessment. Tujuannya adalah untuk meningkatkan manajemen risiko organisasi. 

Baca juga: Vulnerability Test atau Pengujian Kerentanan Keamanan Server, Pentingkah?

Sekarang, Anda jadi tipe-tipe pengujian keamanan yang berguna untuk memastikan tingkat keamanan sistem TI perusahaan, kan? Anda dapat melakukannya dengan bantuan dari tenaga ahli profesional yang bisa Anda peroleh dari layanan PT Integra Teknologi Solusi.