Aplikasi “Poso Meole” Upaya Pemda Poso Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

2023-05-25T11:43:10+07:00

Integrasolusi.com – Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju dengan pesatnya saat ini, yang mempunyai pengaruh besar pada setiap aspek kehidupan kita sehari-hari. Apalagi saat ini sedang gencar-gencarnya era keterbukaan informasi dan peningkatan layanan informasi publik bagi lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Oleh karena itu, dalam meningkatkan keterbukaan informasi dan peningkatan layanan publik, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melalui Dinas Komunikasi dan Persandian (Diskiminfo) Kabupaten Poso mengadakan sosialisasi aplikasi Poso Meole. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Poso, Ir. Samsuri, M. Si dan Kepala Dinas Kominfo Poso. Selain itu juga acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh perwakilan dari OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Poso.

Apa itu aplikasi Poso Meole?

Aplikasi Poso Meole sendiri merupakan sebuah layanan aplikasi berbasis web dan mobile application yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Poso bekerja sama dengan Integra Teknologi solusi,yang merancang aplikasi Poso Meole ini sebagai sebuah aplikasi yang bersifat interaktif dan dapat digunakan sebagai sarana pelaporan dan informasi suatu kejadian yang  berdasarkan visual dan lokasi (geolocation), yang mudah diakses oleh masyarakat umum.

Dalam aplikasi Poso Meole ini, masyarakat sebagai pengguna dapat melaporkan, mengupload informasi, memberi tanggapan atau komentar terhadap suatu konten dalam aplikasi. Semua laporan dan informasi dari masyarakat umum tadi, akan ditindaklanjuti oleh Dinas atau OPD terkait.

berikut tampilan versi web :

tampilan versi android

Dengan aplikasi Poso Meole ini, nantinya masyarakat luas, khususnya masyarakat Kabupaten Poso dapat memberikan laporan atau informasi yang terjadi di sekitarnya, yang nantinya akan ditanggapi langsung oleh Dinas/OPD terkait sesuai dengan permasalahannya. Selain itu, aplikasi Poso Meole ini juga sebagai pendukung terlaksananya transparasi pemerintah dalam penyampaian informasi penyelenggaraan pemerintahan dan juga sebagai sarana aspirasi, kritikan dan masukan terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah di Kabupaten Poso.

 

Baca juga :