E-Office, Mudahkan Proses Birokrasi Universitas Online

2023-05-26T12:05:07+07:00 June 4th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Kemajuan teknologi membuat berbagai hal yang sebelumnya harus dilakukan secara offline, kini mungkin untuk dilaksanakan secara online. Hal ini berlaku di berbagai sektor mulai dari jual beli barang, jasa hingga dunia pendidikan. Ini terbukti dengan semakin banyaknya universitas yang menyelenggarakan pendidikan secara online.

Seperti namanya, universitas online menyelenggarakan perkuliahan secara online. Dosen dan mahasiswa bisa membuat kesepakatan bersama terkait jadwal kuliah yang akan mereka lakukan. Meskipun biasanya memiliki kantor atau kampus fisik, namun kebanyakan aktivitas dilakukan lewat internet, termasuk untuk urusan birokrasi.

Apa Itu Birokrasi Kampus?

Birokrasi kampus merupakan elemen di sebuah universitas yang bertanggung jawab untuk membantu mahasiswa terkait berbagai permasalahan administratif. Misalnya saja untuk pendaftaran ulang, pengisian KRS (Kartu Rencana Studi) dan lain sebagainya.

Seperti halnya birokrasi di instansi lain, birokrasi kampus membutuhkan proses pembuatan dokumen hingga penandatanganan. Lalu, bagaimana dengan mahasiswa kampus online yang notabene berada jauh dari kampus pusat atau kantor universitas? 

 

Baca juga: Aplikasi E-Office Bantu Birokrasi di FKKH Universitas Nusa Cendana

 

E-Office Persuratan, Mudahkan Proses Birokrasi untuk Universitas Online

Kehadiran aplikasi E-Office Persuratan memang telah terbukti membantu proses surat menyurat di perusahaan maupun lembaga dan instansi. Tidak terkecuali lembaga pendidikan. Saat ini, banyak kampus offline yang sudah mulai menggunakan aplikasi E-Office Persuratan karena kemudahan dan kepraktisannya.

Bagi mahasiswa kampus online, keberadaan aplikasi e-office juga memberikan kemudahan yang tidak kalah besarnya. Pasalnya, mereka tidak perlu lagi repot-repot datang ke kampus untuk mendapatkan tanda tangan dari dosen atau rektorat. Semuanya bisa dilakukan secara online dari rumah masing-masing.

Baca juga:  5 Referensi Aplikasi Perkantoran untuk Mempermudah Proses Administrasi

Ada beberapa keuntungan penggunaan aplikasi E-Office Persuratan bagi universitas online antara lain:

  • Mahasiswa tidak perlu datang langsung ke kantor atau kampus fisik. Ini tentu akan menghemat biaya bagi mahasiswa 
  • Pengelolaan dokumen jadi lebih mudah karena dilakukan secara digital. Ini juga bisa meminimalisasi dokumen hilang atau rusak
  • Proses pelacakan dokumen dan surat jadi lebih mudah. Tidak perlu dicari secara manual. Cukup ketikkan nama dokumen atau kodenya, maka Anda sudah bisa menemukannya
  • Disposisi surat kapan saja dan di mana saja. Jika dosen atau pimpinan kampus sedang tidak ada di tempat, E-Office Persuratan memungkinkan proses disposisis tetap dilakukan secara online, kapan saja dan di mana saja.

 

Baca juga: Aplikasi E Office Versi Mobile: Sistem Birokrasi Praktis dalam Genggaman

 

Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi E-Office Persuratan untuk kelancaran aktivitas perkuliahan online di kampus Anda, hubungi PT Integra Teknologi Solusi sekarang juga!