Enkripsi File Surat untuk Keamanan pada Aplikasi E-Office

2023-05-10T11:57:13+07:00 April 20th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , |

integrasolusi.com – Makin berkembang pesatnya teknologi memberikan kemudahan pada berbagai lini kehidupan, baik keperluan pribadi hingga kebutuhan kantor. Salah satunya adalah dengan adanya aplikasi e-Office. Aplikasi e-Office memberikan begitu banyak kemudahan untuk kegiatan surat menyurat kantor.

 

Baca juga: Keamanan inOffice Persuratan untuk Perbankan

 

Bagaimana dengan keamanan surat itu sendiri? Untuk meningkatkan keamanan surat Anda pada aplikasi e-Office, enkripsi file surat bisa menjadi salah satu solusi. Berikut ini beberapa tips enkripsi file surat:

Tips Enkripsi File Surat

  • Menggunakan Protokol Jaringan yang Aman

Hanya gunakan protokol jaringan atau Internet Protocol (IP) yang aman. Contohnya adalah HTTP, HTTPS, FTP, dan SSL. Dengan IP yang aman, informasi antara pengguna dan server akan terenkripsi dan terhindar dari pihak yang tidak berkepentingan.

  • Pilih Algoritme Enkripsi yang Kuat

Algoritme enkripsi menjamin kekuatan enkripsi dalam bit. Beberapa jenis algoritme enkripsi yang paling umum adalah TripleDES, RSA, Blowfish, Twofish, dan Advanced Encryption Standard (AES). 

  • Kunci Enkripsi Harus Kuat

Secara teknis, kunci enkripsi mampu mentransformasi informasi yang Anda kirim atau terima menjadi kode rahasia. Dengan begini, data yang terkirim akan dikaburkan dari pihak yang tidak berwenang. Agar kunci sulit untuk dipecahkan, gunakan panjang kunci enkripsi tidak kurang dari 128 bit.

  • Gunakan Metode Enkripsi yang Tepat

Ada beberapa metode enkripsi yang bisa Anda terapkan. Pertama, enkripsi MD5 yang paling sering dipakai untuk aplikasi e-Office dan pengujian integritas sebuah data. Yang kedua, enkripsi SHA (Secure Hashing Algorithm) yang diterbitkan oleh NIST untuk menjaga keamanan surat atau data. Yang ketiga, enkripsi RC4, yang didesain untuk mengamankan RSA.

  • Pastikan Keamanan Manajemen Kunci Enkripsi

Beberapa praktik terbaik untuk menjaga keamanan kunci enkripsi adalah menerapkan peran dan akses pengguna sentral, mendukung standar kriptografi yang berbeda, mengintegrasikan perangkat dengan pihak ketiga, dan mencadangkan kunci enkripsi.

Baca juga:  3 Aplikasi Persuratan Surabaya Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

 

Baca juga: Kenal Lebih Dekat dengan AWS Well-Architected

 

Itu tadi pentingnya enkripsi file surat pada aplikasi e-Office untuk meningkatkan keamanan surat. Dengan menerapkan cara-cara di atas, informasi surat menyurat perusahaan akan terhindar dari pihak yang tidak berwenang. 

Untuk mewujudkan keamanan informasi perusahaan Anda, PT Integra Teknologi Solusi sebagai perusahaan konsultan di bidang teknologi dan informasi akan siap membantu. Konsultasi dan diskusikan kebutuhan teknologi dan keamanan data Anda bersama kami!