Kenal Lebih Dekat dengan AWS Well-Architected

2023-06-16T16:28:49+07:00 March 19th, 2023|Categories: Lain-Lain|Tags: |

integrasolusi.com – Hadirnya cloud computing sangat membantu para penggunanya mengakses data dari jarak jauh. Saat ini, Amazon Web Services (AWS) telah menjadi platform cloud terlengkap di dunia karena menyediakan 200 fitur layanan. Jika Anda ingin menerapkan layanan AWS cloud ke dalam infrastruktur teknologi perusahaan, penting untuk mengenal apa itu AWS Well-Architected demi infrastruktur IT yang optimal. 

Gambaran umum AWS Well-Architected

Kehadiran AWS Well-Architected bisa membantu arsitek cloud dalam membangun infrastruktur IT yang lebih aman, optimal, tangguh, dan efisien untuk kebutuhan berbagai aplikasi dan beban kerja. Dibangun dengan enam pilar utama, membuat AWS Well-Architected Framework menyediakan pendekatan yang konsisten bagi pelanggan dan partner untuk mengevaluasi arsitektur dan menerapkan desain yang dapat diskalakan.

 

 Baca juga: Mengenal S3 Amazon Web Services (AWS) dan Fungsinya

 

Pilar-pilar AWS Well-Architected

Membuat sistem perangkat lunak mirip dengan membangun sebuah gedung. Jika pondasinya tidak kokoh, masalah struktural dapat menggerogoti keutuhan dan fungsi bangunan. Karena itulah, AWS Well-Architected Framework  memiliki enam pilar yang harus diintegrasikan dalam sistem untuk membangun infrastruktur IT yang optimal, aman, tangguh, dan efisien. Berikut pilar-pilar dalam AWS Well-Architected yang wajib diterapkan. 

1. Keunggulan Operasional

Pilar Keunggulan Operasional mencakup kemampuan untuk mendukung pengembangan dan menjalankan beban kerja secara efektif, mendapatkan wawasan tentang operasional, dan terus meningkatkan proses dan prosedur pendukung demi  menghasilkan nilai dalam bisnis.

2. Keamanan

Pilar keamanan berbicara mengenai bagaimana memanfaatkan teknologi cloud untuk melindungi data, sistem, dan aset pribadi pengguna. 

3. Keandalan

Pilar keandalan diterapkan agar cloud dapat menjalankan fungsi yang dengan benar dan konsisten seperti yang diharapkan. Ini termasuk kemampuan untuk mengoperasikan dan menguji beban kerja melalui siklus hidup totalnya. 

Baca juga:  Ini Dia Penyedia TTE di Indonesia yang Diakui oleh Kominfo

4. Efisiensi Kinerja

Pilar ini mencakup kemampuan menggunakan sumber daya komputasi dengan efisien untuk memenuhi persyaratan sistem serta mempertahankan efisiensi bila terjadi perubahan permintaan dan perkembangan teknologi. 

5. Pengoptimalan Biaya

Pilar pengoptimalan biaya berbicara mengenai bagaimana strategi menjalankan sistem untuk menghasilkan sesuatu meskipun hanya menggunakan fitur dengan harga terendah. 

6. Keberlanjutan

Fokus dari pilar keberlanjutan adalah meminimalkan dampak lingkungan saat menjalankan beban kerja cloud. Dengan menerapkan pilar keberlanjutan maka diharapkan dampak lingkungan, ekonomi, dan sosial jangka panjang bisa teratasi dari aktivitas bisnis Anda. 

 

Baca juga: Keamanan inOffice Persuratan untuk Perbankan

 

Untuk menciptakan arsitektur IT yang optimal, maka Anda wajib menerapkan seluruh pilar dalam AWS Well architected Framework secara baik dan terencana.