Mengenal S3 Amazon Web Services (AWS) dan Fungsinya

2023-06-16T16:29:23+07:00 March 16th, 2023|Categories: Lain-Lain|Tags: |

integrasolusi.com – Dalam dunia Web Development, Anda tentu sudah pernah mendengar istilah S3 Amazon Web Services (AWS). Agar bisa memahami lebih lanjut, artikel ini akan membahas secara singkat tentang S3 AWS beserta fungsi dan keunggulannya.

Apa Itu S3 AWS?

Amazon Simple Storage Service (S3) merupakan salah satu produk AWS Amazon. AWS sendiri merupakan platform cloud yang disediakan oleh Amazon sejak tahun 2002. Kini, layanan web ini yang kini menjadi layanan web yang paling banyak digunakan di dunia. 

Layanan web ini menghadirkan lebih dari 200 fitur lengkap dari pusat data global sehingga bisa membantu pelanggan mengembangkan website dengan mudah. Salah satu fiturnya adalah Simple Storage Service. 

 

Baca juga: Kenal Lebih Dekat dengan AWS Well-Architected

 

Beberapa Fungsi S3 AWS

Ada beberapa fungsi S3 AWS, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Menjadi media untuk menyimpan file statis seperti html, js, css, gif, jpg, pnf, dan lain-lain.
  • Anda juga bisa menggunakan S3 AWS sebagai tempat backup data. Jadi, Anda bisa menghindari kemungkinan kehilangan data jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Ketika digabungkan dengan Amazon CloudFront, Anda bisa menggunakan S3 AWS untuk media content delivery network.
  • Karena adanya fitur otentikasi, Anda juga bisa menggunakan layanan ini sebagai tempat menyimpan file yang dapat diunduh dengan aman. 

 

Baca juga: inOffice Persuratan Sudah Mendapatkan AWS Qualified Software, Apa Artinya?

 

Keunggulan S3 AWS

Berikut ini keunggulan S3 Amazon Web Services (AWS) jika dibandingkan dengan web service lainnya:

  • Lebih aman berkat S3 compliance AWS. Amazon S3 Security memastikan data Anda tetap aman karena Anda bisa memblokir akses ke publik jika diperlukan. Fitur enkripsi juga memastikan data Anda terlindung dari peretas atau penyusup.
  • Anda bisa dengan mudah mengatur kapasitas penyimpanan tanpa ada biaya tersembunyi, Anda hanya akan membayar sejumlah yang digunakan saja.
  • Memiliki daya tahan tinggi dan mudah diakses karena perlindungan data yang ketat. Pasalnya fitur ini dirancang untuk menyimpan data untuk jutaan aplikasi untuk perusahaan di seluruh dunia.
Baca juga:  Lama Proses Sertifikasi ISO/IEC 27001 dan Faktor yang Mempengaruhi

S3 Amazon Web Services (AWS) merupakan fitur web service yang patut dipertimbangkan jika Anda tengah mengembangkan situs profesional. Keamanan dan kemudahan yang ditawarkannya akan memberikan Anda kebebasan mengembangkan situs Anda.