Ini Dia Penyedia TTE di Indonesia yang Diakui oleh Kominfo

2023-05-10T11:47:37+07:00 May 5th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Berdasarkan UU ITE, tanda tangan elektronik (TTE) adalah tanda tangan yang terdiri dari informasi elektronik yang disertakan, diasosiasikan atau dikaitkan dengan informasi elektronik lainnya. TTE dipakai sebagai alat autentikasi dan verifikasi.

 

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Cara Cek Keaslian Tanda Tangan Elektronik yang Benar

 

Untuk menggunakan layanan TTE yang sah dan memiliki kekuatan hukum, pastikan Anda menggunakan penyedia TTE yang diakui di Indonesia. Dilansir dari situs resmi Kominfo, ada 9 penyedia TTE instansi dan non instansi. Apa saja?

Privy

Di bawah naungan PT Privy Identitas Digital, Privy menyediakan layanan tanda tangan digital bagi bisnis dan pelanggan agar dapat terhubung secara langsung. Privy beroperasi menggunakan sistem keamanan berstandar ISO 27001 untuk menjamin keamanan dan keaslian tanda tangan.

Digisign

Digisign adalah brand dari PT Solusi Net Internusa yang secara khusus bergerak dalam penyelenggaraan sertifikat dan tanda tangan digital. Penyelenggara TTE non instansi ini memiliki misi menyediakan infrastruktur dan layanan kelas dunia demi mendukung perkembangan teknologi elektronik khususnya TTE di Indonesia.

VIDA

VIDA di bawah naungan PT Indonesia Digital Identity menyediakan layanan tanda-tangan elektronik resmi dan oleh diakui pertama kali di Indonesia dan dikenali di lebih dari 40 negara di dunia.

Teken Aja!

Teken Aja! merupakan penyedia layanan tanda tangan digital di bawah PT Djelas Tandatangan Bersama. Teken Aja! beroperasi dengan menggunakan teknologi pengamanan tinggi yakni IKP (Infrastruktur Kunci Publik) yang membuat sistemnya terlindungi dengan baik.

Tilaka Nusa Teknologi

PT Tilaka Nusa Teknologi berdiri pertama kali tahun 2019 sebagai jawaban bagi bisnis di berbagai sektor industri yang membutuhkan keamanan data para penggunanya. Tilaka menyediakan berbagai layanan mulai dari Tilaka Identity Proofing, Tilaka ID dan Tilaka Sign.

Baca juga:  Aplikasi e-Office Murah dari integraOffice Persuratan

Xignature

Xignature merupakan penyedia layanan tanda tangan digital non instansi yang memastikan dokumen dan tanda tangan pengguna tidak dapat dipalsukan. Xignature memastikan pengguna bisa meminimalisasi biaya dengan menghilangkan penggunaan kertas untuk dokumen.

Peruri

Peruri merupakan perusahaan BUMN yang secara umum bertugas mencetak uang. Selain itu, Peruri juga menyediakan layanan tanda tangan elektronik.

Balai Sertifikasi Elektronik

Balai Sertifikasi Elektronik atau BSrE adalah unit pelaksana teknis di Badan Siber dan Sandi Negara. BSrE juga merupakan penyedia layanan TTD yang berstatus instansi pemerintah.

iOTENTIK

iOTENTIK merupakan layanan teknologi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Selain menjadi penyelenggara sertifikasi berbentuk instansi, iOTENTIK juga menyediakan layanan TTE.

 

Baca juga: Solusi Praktis Persuratan Digital yang Terintegrasi Tanda Tangan Elektronik

 

Itu dia 9 penyelenggara TTE yang beroperasi di Indonesia dan sudah resmi terdaftar di Kominfo. Ingin mengintegrasikan TTE di perusahaan Anda? Hubungi PT Integra Teknologi Solusi sekarang juga!