Inilah Penjelasan Jenis Surat Berdasarkan Jangkauan Penggunanya

2023-10-25T09:47:41+07:00 May 10th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Salah satu metode menuliskan pesan hingga informasi yang masih digunakan hingga saat ini adalah surat atau persuratan. Surat dapat dianggap sebagai jenis esai (komposisi) tertentu, tergantung pada sifat, isi, dan kegunaannya. maka dari itu muncul banyak pertanyaan mulai dari apa saja surat yang berdasarkan jangkauan kegunaannya? hingga bagaimana contoh dan bentuk surat yang berdasarkan penggunaannya? Untuk menjawab semua pertannyaan di atas, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Beragam Jenis Surat Berdasarkan Wujud dan Contoh-Contohnya

Jenis surat yang bedasarkan jangkauan penggunaannya dibagi menjadi dua macam yaitu surat intern dan surat ekstern. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

1. Surat Intern

Surat intern adalah surat yang ditujukan untuk penggunaan internal atau untuk keperluan internal sebuah organisasi atau perusahaan. Surat ini tidak ditujukan untuk umum atau untuk pihak luar. Surat intern biasanya digunakan untuk mengirimkan informasi atau pesan antar departemen atau divisi dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Contoh penggunaan surat intern adalah untuk mengirimkan informasi tentang kebijakan baru kepada seluruh karyawan, meminta persetujuan atau pengesahan dari atasan, mengeluarkan pernyataan, memberikan instruksi atau petunjuk kepada departemen tertentu, atau meminta informasi dari departemen atau divisi lain.

Surat intern memiliki format dan gaya penulisan yang berbeda dari surat yang ditujukan untuk penggunaan eksternal atau untuk umum. Surat intern tidak perlu mencantumkan informasi seperti alamat atau nomor telepon penerima surat, dan biasanya tidak perlu ditandatangani atau dilengkapi dengan stempel resmi.

Baca juga: Mengenal Jenis Surat: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mudah Pengelolaannya

2. Surat Ekstern

Surat ekstern adalah surat yang ditujukan untuk penggunaan eksternal atau untuk keperluan luar organisasi atau perusahaan. Surat ini biasanya digunakan untuk mengirimkan informasi atau pesan kepada pihak luar, seperti pelanggan, mitra bisnis, supplier, atau pihak yang terkait dengan kepentingan organisasi atau perusahaan.

Baca juga:  Bagaimana Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan QR Code?

Contoh penggunaan surat ekstern adalah untuk mengirimkan surat penawaran kepada calon pelanggan, mengirimkan surat pemberitahuan perubahan alamat kepada pelanggan, meminta dukungan atau sponsor dari mitra bisnis, menghadiri acara atau kegiatan, meminta informasi atau penjelasan dari pihak terkait.

Surat ekstern harus memenuhi aturan-aturan tertentu, seperti format penulisan yang benar, penggunaan bahasa yang sopan dan jelas, serta mencantumkan informasi yang diperlukan seperti alamat, nomor telepon, dan sebagainya. Surat ekstern juga harus ditandatangani dan dilengkapi dengan stempel resmi perusahaan atau organisasi.

Ketika menulis surat ekstern, penting untuk memperhatikan konteks dan tujuan dari surat tersebut, serta berusaha untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif agar tujuan dari surat tersebut dapat tercapai dengan baik.

Demikian penjelasan dari jenis surat berdasarkan jangkauan penggunanya, Semoga bermanfaat.

 

Referensi:
Berbagai Jenis Surat Beserta Pengertian, Fungsi dan Ciri-Cirinya Halaman 2 | merdeka.com
Surat Undangan Rapat Ekstern - Contoh Isi Undangan (contohisisuratundanganpernikahanresmi.blogspot.com)
Jenis surat berdasarkan jangkauan penggunaannya (123dok.com)